Perkuat Gerakan, IPM se-Banyumas Gelar Temu Karesidenan

PWMJATENG.COM, BANYUMAS – Dalam rangka silaturahim dan memperkuat gerakan, Ikatan Pelajar Muhammadiyah se-Karesidenan Banyumas menggelar acara silaturahim Pimpinan Daerah se-Karesidenan Banyumas yang bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Cilacap (15-16/10). Acara ini diberi nama “Temu Plat R”. Nama itu di ambil karena plat R adalah kode plat nomor kendaraan bermotor empat kabupaten yang ada di karesidedan Banyumas yaitu Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas dan Cilacap.

Ada beberapa agenda yang dilaksanakan pada pertemuan ini. Antara lain; konsolidasi jelang Muktamar IPM ke-XX di Samarinda, yang di pandu oleh ketua umum PW IPM Jawa Tengah, Achmat Irmawan atau yang akrab di sapa Wawan serta Bidang Organisasi PW IPM Jawa tengah Munira Ikhfani Shafa dan Fajar Mustofa. Beberapa poin disampaikan berkaitan dengan suksesi Muktamar, baik suksesi keberangkatan, suksesi materi, dan juga suksesi kepemimpinan. Wawan berharap Banyumas dapat berkontribusi aktif bersama-sama dengan PW IPM Jawa Tengah dalam pagelaran Muktamar, memberikan sumbangsih ide dan fikiran demi kemajuan IPM di masa yang akan datang.

Agenda berikutnya yang dilaksanakan adalah penyegaran Forum Komunikasi IPM Karesidenan Banyumas. Forum ini adalah forum komunikasi IPM se-Karesidenan Banyumas yang telah dibentuk setahun yang lalu dengan koordinator Sulaiman Fahmi, ketua PD IPM Banyumas. “Setelah dilaksanakan empat kali pertemuan kares, maka kami bersepakat ada pergantian koordinator.” kata Sulaiman. Terpilih sebagai koordinator yang baru adalah Agus Saepudin, ketua umum PD IPM Cilacap.

Agenda terpenting pada forum itu adalah diskusi mengenai peran Banyumas dalam untuk kemajuan IPM baik di Daerah, Wilayah, maupun Nasional. “menurut cerita dari para alumni IPM / IRM Banyumas, Kares ini pernah berjaya pada masa lalu pada bidang kaderisasi dan mampu menjadi rujukan perkaderan IPM baik di tingkat Wilayah maupun Nasional. Maka kami berupaya menghidupkan kembali diskusi-diskusi ilmiah melalui forum kares ini untuk meneruskan perjuangan yang pernah ditempuh oleh senior-senior kami di IPM dan IRM” ungkap Sulaiman. Hal senada juga disampaikan oleh Achmat Irmawan yang mengatakan bahwa Banyumas sampai hari ini telah terbukti melahirkan kader-kader ideologis.

Dalam mewujudkan cita-cita yang telah dirumuskan bersama tentunya memerlukan usaha dan perjuangan yang besar serta berpasrah kepada Dia sang maha Pencipta, Allah Swt. Harapannya selain sebagai forum komunikasi kader IPM se-karesidenan Banyumas, forum ini dapat berlangsung secara continue dan membuahkan hasil yang baik untuk Ikatan Pelajar Muhammadiyah, baik di tingkat Daerah, Wilayah, maupun Nasional. (fit)