Peringati Harkitnas, Agribisnis UMP Gelar Agrifest 2017

0
533

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2017, Himpunan Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar rangkaian kegiatan AgriFest (Agrisbisnis Festival) 2017 dengan mengangkat tema “Kebangkitan Pertanian Berbasis Sumber Daya Lokal Menyongsong Indonesia Emas 2045” dengan diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK se-Kedu, Mahasiswa dan Umum ini diselenggarakan pada 18-20 Mei 2017. Kegiatan ini terdiri dari berbagai rangkaian yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Catur dan Lomba Business Plan dengan Expo Kewirausahaan Agribisnis.

“Selain sebagai momentum peringati Hari Kebangkitan Nasional, Agenda perdana ini tujuan yang diinginkan yaitu mendidik generasi muda dengan pengetahuan yang luas agar menjadi manusia yang cerdas, aktif, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia serta membangun karakteristik generasi dengan kepedulian terhadap perubahan dan permasalahan social yang terjadi dalam bidang pertanian. Kemudian bias turut serta membangkitkan potensi pertanian di Kabupaten Purworejo,”ujar Ulfah Adiningsih Ketua Panitia.

Rangkaian kegiatan ini sebelumnya telah diawali dengan penyelenggaraan Bakti Sosial berupa penanaman 1500an bibit sayuran cabai dan terung dengan menggunakan polybag untuk warga desa Donorati Purworejo yang pada beberapa bulan lalu terdampak tanah longsor.

Dalam sambutannya, Istiqo Agus Wicaksono, S.P., M.Sc. Wakil Rektor 3 mewakili pihak rektorat menyampaikan bahwasanya agenda perdana yang baru dilaksanakan tahun ini momentum penting bagi mahasiswa memperluas pengetahuan terkait potensi daerah Kabupaten Purworejo. Kemudian dengannya itu harapannya dapat bersinergi dengan dinas terkait keagribisnisan. “Ke depan dari mahasiswa harapan dapat bersinergi dengan Pemerintahan Kabupaten Purworejo terutama dinas pertanian terutama dalam bidang pertanian. Dengan mengolah keunggulan komparatif dan kompetitif masing daerah. Seperti mungkin dapat memunculkan One District One Product bersama mahasiswa dalam packing dan lainnya,” ungkapnya.

Agenda dibuka secara resmi oleh Plt Ka.Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Peternakan Sukasnanto, S.P. mewakili Bupati Kabupaten Purworejo. “Apresiasi tinggi untuk mahasiswa beserta progdi agribisnis dengan terselenggaranya agenda ini yang mana sejalan visi bupati terkait pertanian peternakan yang menjadi potensi daerah Kabupaten Purworejo. Kita siap menerima sinergisitas yang akan dijalin ke depan dari mahasiswa dan akademisi serta menggandengnya dalam program-program pemerintah,”pungkasnya.

Untuk lomba karya tulis ilmiah diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK 10 besar yang telah diseleksi dari seluruh peserta pengirim berkas. Dan akan diberikan apresiasi untuk 3 besar memperebutkan piala rektor.

Adapun pada lomba catur diikuti oleh 25 peserta umum yang akan memperebutkan piala dekan pertanian. Dan lomba expo kewirausahaan peserta akan diminta untuk mempresentasikan business plan nya yang akan memperebutkan piala rektor. (AKHMAD MUSDANI)