Perhatikan Protokol Kesehatan, MTs Al-Mu’min Bagikan Rapot Secara Online

0
97

PWMJATENG.COM, Temanggung – (24/06/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) Temanggung akan melaksanakan pembagian rapot secara online pada Sabtu, 27 Juni 2020 mendatang. Sebelumnya pelaksanaan ujian Penilaian Akhir Semester (PAT) telah berlangsung pada 06-21 Juni 2020 yang dilaksanakan secara online juga mengingat sebaran santri yang berasal dari berbagai daerah, bahkan juga terdapat santri yang berasal dari luar jawa.

Pembagian hasil belajar santri/rapot santri selama 1 tahun pelajaran semestinya dilaksanakan pada 27 Juni 2020 mendatang. Namun, dikarenakan saat ini pemerintah masih menyatakan situasi belum normal maka MTs Al-Mu’min merekayasa scenario pembagian asil belajar/rapot. Sebelumnya selama pandemi santri melakukan pembelajaran jarak jauh dengan sistem online, baik mata pelajaran umum, keagamaan dan setoran hafalan juga dilakukan secara online.

Agar santri tetap dapat mengetahui capaian asil belajar mereka selama 1 tahun pelajaran dengan tetap mengindahkan protocol kesehatan, maka kemudian pembagian rapot ini dirasa penting. Selain untuk mengetahui capaian asil belajar, juga bisa digunakan untuk proses evaluasi bagi santri. Peran orang tua, lingkungan dan masyarakat tentu sangat berpengaruh teradap kesuksesan hasil pembelajaran yang dicapai oleh masing-masing santri.

“Kami tetap memperhatikan pelayanan namun dalam situasi pandemi Corona Virus Disease (covid-19) ini lebih mengutamakan kesehatan peserta didik, orang tua dan guru maka kami laksanakan pembagian hasil belajar santri untuk kenaikan kelas dengan cara online. Lebih-lebih daerah asal santri dari berbagai kota yang status pandeminya variatif, maka demi keselamatan dan efektifitas kami laksanakan pembagian raport secara online,” ungkap Samsul, M.Pd., selaku kepala sekolah.

Untuk proses pembagian rapot menggunakan aplikasi Whatsauto dengan disingkronisasikan pada google drive yang mana data dibuat dengan spredsheet yang telah tersedia. Santri akan diberikan kode aksesn masing-masing oleh wali kelas, kode itulah yang akan digunakan untuk mengakses nilai mereka. “Whatsauto akan membaca data di spredsheet google drive dan memberikan jawaban sesuai kode yang ada,” ungkap Faisol Ahmad Fadli selaku tim Teknologi Informatika (TI) MTs Al-Mu’min. (Riza Fitroh K./Humas Tsamuha)