Pengurus Pemuda Muhammadiyah Kertek Napak Tilas Perjuangan KH Ahmad Dahlan

0
64
Peserta napak tilas pendiri Muhammadiyah berfoto dihalaman Masjid Jogokariyah yang melegenda. Foto : jati

PWMJATENG.COM, KERTEK – jajaran pengurus Pemuda Muhammadiyah Kertek melakukan Napak tilas perjuangan KH Ahmad Dahlan di Kauman Jogjakarta, Ahad (15/09/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 32 anggota dan simpatisan Pemuda Muhammadiyah Kertek. Selain agar sesuai dengan bis yang akan digunakan pembatasan jumlah peserta ini dimaksudkan agar penyampaian pesan dan semangat perjuangan KH Ahmad Dahlan lebih mengena. Napak tilas Ahmad Dahlan yang dalam kesempatan kali ini diberi judul Wisata Gembira Pemuda Muhammadiyah Kertek 1441, memang sengaja mengambil moment Muharram atau Tahun baru hijiriyah, bahwa Ini mengandung makna bahwa di awal tahun ini Pemuda Muhammadiyah harus lebih bersemangat lagi dalam menjalankan perannya sebagai kader persyarikatan dan kader bangsa.

Dengan mengusung tema “Menggembirakan Dakwah, Mempererat Ukhuwah” memang sesuai dengan kondisi kekinian, dimana rutinitas yang padat serta kondisi sosial masyarakat yang gemar berwisata menjadikan dakwah juga harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat.

Kegiatan ini diawali dengan kunjungan dan pelatihan Manajemen Masjid di Masjid Jogokariyan yang dilaksanakan setelah jamaah sholat subuh. kunjungan ke masjid dijadikan kegiatan awal diharapkan masjid menjadi pusat kegiatan dan pergerakan pemuda. dalam pemaparan takmir jogokariyan disampaikan juga penggerak utama Masjid Jogokariyan kebanyakan dari kalangan muda.


Napak tilas dimulai dengan kunjungan ke pemakaman umum di Karangkajen, dimana KH Ahmad Dahlan dan beberapa tokoh Muhammadiyah dimakamkan. Diantaranya KH Badawi, KH Ibrahim dan beberapa tokoh lainnya. Bahkan ketua Muhammadiyah yang sederhana dan menjabat paling lama pun dimakamkan di sana yakni AR Fakhrudin.

selanjutnya dilanjutkan ke kampung Kauman Jogjakarta di mana kisah Muhammadiyah diawali. Dimana dari kampung ini ribuan taman kanak-kanak tersebar diseluruh Indonesia. Begitu banyak sekolah, universitas, rumah sakit, panti asuhan dan sekian banyak karya lainnya untuk kemaslahatan umat dan menjadi bagian dari pembangunan bangsa ini.

Setelah makan bersama dalam satu nampan dilanjutkan shalat dhuhur berjamaah di Masjid Agung Jogjakarta, kegiatan ini diakhiri dengan berwisata ke pantai dalam rangka mentadaburi ciptaan Allah serta melepaskan kepenatan rutinitas sehari-hari.

Dan dalam kesempatan ini menjadikan Pantai Nguyahan dan Ngobaran di Gunung Kidul sebagai tujuan. Dengan semangat perubahan KH Ahmad Dahlan, Pemuda Muhammadiyah Kertek siap menghantarkan Indonesia yang berkemajuan sebagai hadiah 100 tahun Indonesia merdeka. (jati/ red)