Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang Gelar Pelatihan Manajemen Masjid

0
331

SEMARANG – Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang akan menyelenggarakan pelatihan manajemen Masjid dan sistem pelaporan keuangan. Pelatihan digelar Minggu (20/7), pukul 08.00 – 12.00 WIB di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jawa Tengah, Jalan Singosari Raya Nomor 33 Semarang.
Pada kegiatan tersebut, para peserta akan difokuskan pada sudut pengelolaan masjid sebagai pusat ibadah dan pusat penggemblengan mental spiritual umat serta sistem pelaporan keuangan secara transparan dan sistematis.
Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang, AM. Jumai, menyatakan bahwa Masjid harus dipenuhi oleh kegiatan-kegiatan keagamaan dan social kemasyrakatan, seperti, ceramah agama, membaca dan mengkaji Alquran dan Hadist, pendidikan untuk usia dini, pencarian bakat, pendidikan remaja, pendidikan pemuda, pendidikan ibu-ibu dan pendidikan bapak-bapak. “Selain itu masjid juga bisa difungsikan untuk Pelatihan keterampilan & keahlian, Penelitian (pendataan dan pengkajian alam dan social di sekitar lingkungan), Pemberdayaan masyarakat, dan Kewirausahaan,” papar Juma’i.
Dia berharap dengan manajemen pengelolaan masjid yang baik dan terorganisir maka masjid akan menjadi ramai, masyarakat jadi terdidik, ekonomi masyarakat jadi lebih baik dan banyak masalah sosial bisa teratasi. “Jika kondisi-kondisi diatas diwujudkan di tiap-tiap masjid maka umat akan sejahtera, terdidik, sehat, bermanfaat dan berkah bagi kehidupan sangat mungkin dapat dicapai,” harapnya.
Kegiatan tersebut akan mendatangkan narasumber dari tim Unissula dan dari Pimpinan Muhammadiyah di Kota Semarang. (Fakhrudin dari Irsyam Faiz/CN33/SMNetwork/suaramerdeka.com)