Pemuda Muhammadiyah Kawal Pemilu Damai di Salatiga

0
1028

PWMJATENG.COM, SALATIGA – Ratusan warga dari berbagai wilayah di Salatiga berbondong-bondong menuju kantor Muhammadiyah di Jalan LMU Adi Sucipto Kalicacing, Ahad (6/11/2016).

Kedatangan warga itu bertujuan untuk mengikuti Seminar dan deklarasi pemilu damai yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota salatiga bekerjasama dengan Amal Usaha Muhammadiyah se-Kota Salatiga.

Selain masyarakat Salatiga hadir diantaranya Ketua KPU Kota Salatiga, PANWASLU Kota Salatiga, KAPOLES Salatiga dan Calon Walikota Salatiga dan seluruh elemen masyarakat di Kota Salatiga.

Dalam acara itu KPU, PANWASLU dan akademisi IAIN Salatiga menjadi pembicara seminar, KPU berpesan kepada seluruh peserta untuk turut aktif mengawal dan menjaga demokrasi yang saat itu sedang berlangsung di Kota Salatiga, senada dengan KPU Salatiga, PANWASLU memberikan beberapa contoh tentang pelanggaran pemilu, masyarakat harus menjadi “mata dan telinga” kedua bagi PANWASLU untuk mengawal pemilu di Salatiga.

Dalam pidatonya Ketua Umum Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Muttaqin, menegaskan bahwa acara ini murni inisiasi dari Pemuda Muhammadiyah Kota Salatiga, Pemuda Muhammadiyah akan selalu mengawal jalanya demokrasi di Kota Salatiga, kita adalah gerakan sosial kemasyarakatan yang netral.

Dia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada kawan-kawan Amal Usaha Muhammadiyah yang telah mempersiapkan dana dan tenaga untuk terselenggaranya acara ini, Muttaqin menegaskan bahwa tidak ada sepeserpun uang dari Calon Walikota Salatiga atau partai tertentu, kegiatan ini murni bentuk kepedulian kaum muda Muhammadiyah terhadap penyelenggaraan pemilu di Salatiga, ungkap Muttaqin.

Di akhir acara tersebut, seluruh pejabat yang hadir beserta Calon Walikota Salatiga bersama-sama menandatangani deklarasi pemilu damai, adapun isi deklarasi tersebut adalah mengajak kepada masyarakat untuk menjaga dan mendahulukan keutuhan negara kesatuan republik Indonesia, Mengajak kepada seluruh elit politik yang terlibat pada PILKADA di Kota Salatiga untuk menjaga suasana demokrasi yang damai dan berkualitas , menghimbau TNI, POLRI, KPU dan PANWASLU untuk tetap bersikap netral dalam mengawal proses pemilihan walikota. Serta mengajak kepada seluruh masyarakat Salatiga untuk ikut mengambil peran menciptakan pemilu damai. (Endra Gunawan)