Pelatihan Jurnalistik PWM Jawa Tengah

0
308

Semarang.Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah rupanya tak abai untuk berdakwah lewat media massa. Tabloid Cermin dan website resmi Muhammadiyah adalah salah satu media massa yang dimiliki PWM Jawa Tengah.
Sebagai konsekuensinya, penguatan kaderisasi jurnalis dilingkugan anak-anak muda Muhammadiyah menjadi penting untuk dilakukan. Pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh PWM Jawa Tengah pada Selasa-Rabu (22-23/6) lalu di Aula Akademi Ilmu Statistik (AIS) Semarang merupakan bentuk perhatian Muhammadiyah soal pentingnya gerakan penguatan dakwah lewat media massa. 
Diikuti sekitar 30 peserta yang berasal dari aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dan ‘Aisyiyah, pembukaan pelatihan jurnalistik dihadiri Sekretaris PWM Jawa Tengah Drs. Tafsir, M.Ag sekaligus membuka acara.
Dalam sambutannya, ia menyampaikan tentang pentingnya pengadaan pelatihan jurnalistik bagi kader-kader muda Muhammadiyah agar minat-bakat anak-anak muda Muhammadiyah mendapat ruang ekspresi dalam mengasah potensi. Menurutnya, tujuan yang tak kalah penting lainnya adalah penjajakan dan penjaringan kader-kader potensial sebagai penopang keberadaan Tabloid Cermin dan website resmi PWM Jawa Tengah.
Asupan SDM
“Tabloid Cermin dan website PWM Jawa Tengah harus terus berbenah dan berinovasi. Pelatihan jurnalistik ini salah satunya dimaksudkan agar pengelolaan Tabloid Cermin dan website mendapat asupan sumber daya manusia (SDM) baru, energi baru dan tentunya gagasan-gagasan baru,” kata Tafsir saat memberi sambutan. Ia juga menyebutkan, dari pelatihan ini juga Tabloid Cermin dan website PWM Jawa Tengah diharapkan mendapat pasokan kru yang handal dan mumpuni. 
Pelatihan jurnalistik berjalan khitmad. Dipandu oleh Edi Faisol wartawan kawakan media nasional Koran Tempo yang juga aktivis Pemuda Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah pelatihan berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. Selain Edi Faisol, pelatihan menghadirkan aktivis Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Kota Semarang seperti Heri C Santoso dari Jurnal Nasional dan Saifudin, M.Ag Ketua AJI Kota Semarang. (Agung)