Pelajar Muhammadiyah Diingatkan Akan Bahaya Kanker Serviks

0
581

PWMJATENG.COM, Tegal – Puluhan pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah Lebaksiu kelas X-XlI Kompetensi keahlian Analis Kesehatan ikuti penyuluhan yang diselenggarakan oleh Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) berupa Seminar Ilmiah bertajuk Pentingnya Tumor Marker Pada Deteksi Dini Kanker, Sabtu (29/7/2017), di Gedung Auditorium RSUD Kardinah. Pada seminar ini hadir Ketua DPC PATELKI Ibu Sri Kushartati yang menjadi pembicara kunci.

Ibu Kus mengungkapkan, saat ini setiap 1 jam di Indonesia dan 2 menit di seluruh dunia Seorang Wanita Meninggal Dikarenakan Kanker Serviks. Pada 2017, Indonesia memiliki Urutan Kedua Penderita Kanker Serviks Terbanyak Di Dunia dengan jumlah kasus Sebanyak 21.000 . Selain itu, ia menyebutkan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kanker serviks .

“Penyebab Banyaknya Kasus Serviks Di Indonesia ada Beberapa Faktor, di antaranya Karena Kurangnya pengetahuan Masyarakat Tentang Kanker Serviks Serta Karena Rasa Malu Untuk Periksa Ke dokter Sehingga Kanker Tidak Bisa Terdeksi Sedari Awal,” ujarnya.

Tidak hanya Faktor itu saja penyebabnya,namun juga dikarenakan Kanker Serviks Itu sendiri Yang tidak memiliki Gejala Apapun Sedari Awal Sehingga Terlambatnya Penanganan Untuk Mencegah Kanker Serviks.

“Jika Masyarakat Rutin Untuk Deteksi Dini dan Melakukan Vaksin HPV Kemungkinan Resiko Terserang Kanker Serviks Dapat Berkurang,” tutur Abraham. Ia berharap Agar masyarakat bersama-sama bekerjasama untuk Rutin Memeriksakan Dirinya Agar Resiko Terserang Kanker Dapat Dicegah Sedari Awal Dan menurunkan Tingginya Angka Kasus Kanker Yang terjadi Di Indonesia.

Senada dengan hal tersebut, Dr. St Layli Prasojo.S.Farm.Apt Mengungkapkan Bahwa Semua Kanker Bisa Dicegah Dengan Pengetahuan Mengenai Tumor Marker Dan Macam-Macamnya.
Sementara itu, dalam acara tersebut juga dilaksanakan Sekmen Tanya Jawab Berhadiah Dan Doorprize Menarik Bagi Peserta Yang Diundi Secara Acak.(Gls Rizqi N H)