PDPM Banyumas Siapkan Kader Politik Berwawasan Muhammadiyah

0
554

PWMJATENG.COM, BANYUMAS – Berbagai persoalan dinamika politik menjadikan tangangan dan potensi Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Banyumas dalam dakwa kekuasaan. Melalui sumberdaya yang dimiliki, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Banyumas mencoba berkontribusi dalam persoalan bangsa dengan menggelar stadium general dan launching rumah kajian politik PDPM Banyumas di Wisma Patria Muda, Sabtu-Ahad (12-13/8/2017).

Acara dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dhanil Azhar Simanjuntak dan Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas Ibnu Hasan.

Ketua Panitia, Irfan Fathurohman, dikatakan rumah kajian politik akan menjadi sebuah basis berfikir. Menurutnya, kebanyakan, hari ini banyak anak muda melakukan sebuah politik yang tidak mendasar. “Katakanlah kita hanya mengkritisi politik dalam grup WA atau mungkin sosial media. Dari basis itu kita mengkongkritkan bagaimana Angkatan Muda muhammadiyah untuk berfikir lebih kongkrit. Kita berbicara teori, yang pada ujungnya adalah praktik-praktik politik praktis yang memang ujungnya adalah sebuah kesejahteraan,” katanya.

Diharapkan rumah kajian politik ini bisa menjadi rumah inisiasi dan dapur bagaimana untuk mengelola dan memetakan persoalan politik di Banyumas sehingga tidak ketinggalan dengan apa yang menjadi sebuah harapan bagaimana Muhammadiyah bisa berpartisipasi dalam demokrasi kedepan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dhanil Azhar Simanjuntak memeberikan apresiasi dalam acara tersebut.

“Bagi saya kajian politik itu bagus ya, tapi kemudian memang harus orientasinya seperti watak politiknya Muhammadiyah yang memiliki karakteristik utama dengan memajukan dan menggembirakan. Karena politik adalah bagian dakwahnya Muhammadiyah,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan tablig akbar Muhammadiyah yang diselenggarakan di masjid 17 dengan tema ‘Muhammadiyah dalam perkembangan politik bangsa’.

Dalam pengajiannya, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah, Nur Fauzi menjelaskan PDPM Banyumas sengaja mengundang Bang Dhanil Simanjuntak kaitannya dengan politik dan kebangsaan.

“Harapan kita, bang Dhanil ini bisa menjelaskan konsisi Muhammadiyah ditengah pergulatan politik nasional kaitannya dengan perpu dan isu-isu yang terkini,” jelasnya.(tgr)