PD Nasyiatul Aisyiyah Kebumen Adakan Kuliah Pre & Post Wedding

0
632

KEBUMEN – Sebanyak 50 kader Nasyiatul Aisyiah Kebumen ikuti Kuliah Pre & Post Wedding yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Nasyiatul Aisyiah (PDNA) Kabupaten Kebumen, Sabtu (6/08/2016) di gedung dakwah Pengurus Cabang Muhammadiyah Sruweng.
Kegiatan yang bertajuk “SAMARA COURSE” tersebut diikuti oleh perwakilan kader NA tingkat kecamatan dengan rentan usia 18 – 30 tahun. Peserta dibekali dengan materi pra nikah seperti fiqh munakahat, managemen keuangan, psikologi pernikahan, kesehatan reproduksi, dan nirkekerasan keluarga. Selain materi, kegiatan juga diisi dengan talk show bertajuk managemen komunikasi pre & post wedding.
Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua PC. Muhammadiyah Sruweng H. Tenggar Wardhana, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama “Psikologi Pernikahan” oleh Abduh Hisyam, S.Ag, M.Si, setelah materi pertama selesai dianjutkan lagi dengan materi kedua “Fiqh Munakahat” oleh KH. Mudhofir, BA, lalu materi selanjutnya lagi “Family Finance Management” oleh Adi Hamid Fuadi, S.H.I, MM, materi yang keempat yaitu “Kesehatan Reproduksi pre & post wedding oleh dr. Rheni Haryanti Direktur RS.PKU Kutowinangun. Materi tentang “Pandangan Hidup Islam Warga Muhammadiyah/ PHIWM oeh dr. Nufa Musikhah, materi Nir Kekerasan Keluarga oleh Navi Agustina, ST Ketua PD. Aisyiyah Kebumen, & terakhir talk show “management komunikasi pre & post wedding” oleh Kharis Rosyidah, S.H.I & Muslim Fikri, SE. MM, Acara ini berlangsung selama 2 hari yaitu dari tanggal 06 – 07 Agustus 2016 & mewajibkan semua peserta untuk menginap di lokasi acara (Gedung Dakwah PC. Muhammadiyah Sruweng)
Ketua panitia, Irwanti Tohir mengatakan kursus pra nikah tersebut memberikan pemahaman bahwa persiapan nikah terdiri dari berbagai macam aspek. Hal tersebut dapat meminimalisir konflik pasca menikah dan membuat keluarga bahagia, tambahnya.
“Pasca mendapatkan kursus ini, peserta diharapkan mampu membina keluarga sakinah, mawaddah, warahmah”, ujar Irwanti.
Sementara itu, Emi Widayati ketua PDNA Kebumen mengatakan kuliah pre & post wedding tersebut terinspirasi dari adanya penerbitan sertifikat kursus pra nikah di luar negeri. Apalagi kabupaten Kebumen tergolong tinggi dalam hal tingkat perceraian sekitar 2.000 tiap tahunnya, tambah Emi kepada sorot kebumen.
“Hal ini sesuai dengan slogan NA yakni ramah anak dan perempuan”, kata Emi.
Di puncak acara nya atau di tangga 07/08/2016 pagi diadakan Tabligh Akbar dengan Tema “Membangun Komunikasi Efektif Pola Asuh Anak di Era Mienium” yang di sampaikan oeh Azizah Herawati, M.Ag (Sekretaris Bidang Kader PP. Nasyiatul Aisyiyah) & Penyerahan Hadiah lomba Penulisan Essay “Kekerasan Terhadap Anak & Perempuan” dengan jml peserta 30 org & peserta terjauh dari Paembang. (BangRief/ MPI PDMKebumen)