PD IPM Kendal Sambut Ramadhan dengan Mempersiapkan Da’i Melalui PDPM II

0
782
Peserta PDPM II saat pose bersama sebelum mengikuti materi

PWMJATENG.COM, KENDAL – Sebanyak 32 calon da’i Pelajar Muhammadiyah sedang disiapkan oleh PD IPM Kendal untuk menyongsong bulan suci Ramadhan 1438 H. Persiapan tersebut dilakukan untuk memenuhi stok mubaligh/mubalighat muda di Kendal yang dinilai masih kekurangan. Melalui Pelatihan Da’i Pelajar Muhammadiyah (PDPM) yang digelar Kamis – Ahad (11 – 14/5) di gedung balai dakwah Muhammadiyah Kaliwungu diharapkan muncul da’i muda sebagai penerus perjuangan persyarikatan yang memiliki kompetansi local wisdom, kearifan lokal masyarakat Kendal.

“ Dalam perkembangannya da’i sesama pelajar untuk memenuhi kebutuhan pencerahan di lingkungan pelajar kami nilai masih sangat kurang, maka melalui PDPM II ini diharapkan lahir  IPM yang khoiru ummah, pelajar Muhammadiyah terbaik pada masanya, yaitu IPM yang dibangun oleh dakwah Muhammadiyah “ kata H. Moh. Antono, SE, Dip,Kmd saat membuka acara PDPM II tersebut. Menurut beliau IPM yang khoiru ummah adalah yang bisa menjalankan dakwah yang terbaik, “ Pelajar khoiru ummah adalah pelajar yang berdakwah amar makruf nahi munkar “ tegas Antono.

Senada dengan Antono, ketua PCM Kaliwungu H. Sukamto menilai di saat sebagian besar pelajar menikmati euforianya, justru ada kelompok anak muda, pelajar yang peduli dengan dakwah.

“ Kami sangat bersyukur ada sebagian dari kelompok pelajar yang memiliki gagasan ideal sebagai wujud kepedulian sesama pelajar di bidang dakwah Islamiah “ kata Sukamto ketika memberi kata sambutan. Kegiatan yang berlangsung 4 hari tersebut menurut Sukamto harus didukung oleh Muhammadiyah.

Wakil sekretaris PDM Kendal H. Moh. Antono, SE, Dip.Kmd saat menyampaikan sambutan sebelum membuka Pelatihan Da’i Pelajar Muhammadiyah

“ Kegiatan ini sangat bagus dan harus didukung oleh Muhammadiyah sebagai bentuk kepedulian mempersiapkan masa depan Muhammadiyah “ ujarnya.

Ketua PD IPM Kendal, Ibrahim Nashir ketika ditemui pwajateng.com disela – sela acara mengatakan, era globalisasi yang terus menjalar tanpa tersaingi bagi kalangan pelajar menimbulkan dampak negatif, maka harus ada pendidikan karakter.

“ Character bulding harus ditanamkan kepada para pelajar sebagai kekuatan untuk menebarkan dakwah ke sesama pelajar “ kata Baim, sapaan kesehariannya. Dengan PDPM II ini ada warna lain yang memiliki tujuan mulia, menciptakan pelajar da’i – da’iyah atau mubaligh/mubalihat yang mumpuni.

Kegiatan PDPM II diikuti oleh peserta dari seluruh PC IPM yang ada di Kab. Kendal. Materinya Al Islam, Kemuhammadiyahan, siroh nabawiyahaterri, psikologi dakwah, gerakan jamaah dakwah jamaah, ibadah praktis, motodologi dakwah, motivasi dakwah, dan diskusi setiap usai materi sebagai bentuk pendalaman. Adapun penceramahnya melibatkan PW IPM Jawa Tengah, Majelis Tabligh PDM Kendal, dan unsur PDM Kendal sesuai dengan kompetensinya. (A.Ghofur/MPI Kendal)