PCNA Purwodadi Di-Upgrade Pengetahuan Kespro

0
512

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Kunjungan PDNA Purworejo menuju `Aisyiyah Purwodadi di SD MU Purwodadi Komplek Masjid At Taqwa Purwodadi. Program yang dicanangkan, disampaikan melalui Nur Ngazizah, S.Si., M.M.Pd. sebagai ketua PDNA Purworejo kali ini dihadiri kurang lebih 30 kader dan dari ibu-ibu Aisyiyah Purwodadi.

Penyelenggaraan kegiatan yang bagus dan menarik ini disambut hangat oleh para remaja kader PCNA Purwodadi. Adapun itu, kunjungan kali ini bertujuan untuk membentuk kader PCNA di wilayah Purwodadi melalui kegiatan yang menarik diharapkan antusias para remaja Purwodadi muncul untuk bergabung dalam Nasyiatul `Aisyiyah Cabang Purwodadi.

Adapu bentuk kegiatannya yaitu penyuluhan kesehatan reproduksi. Bahasan yang sangat tepat dan menarik, mengingat masa remaja adalah masa yang harus dikenal betul oleh remaja itu sendiri. Guna mengenalkan kesehatan reproduksi wanita pada remaja.

2301-na-22301-na-1

Dalam penyampaian materi Penyuluhan Kesehatan Reproduksi yang dipaparkan oleh Tri Rakhmawati, A.Md. Keb. M.Hum. menekankan bahwasanya reproduksi artinya proses kehidupan manusia dalam menghasilkan keturunan demi kelestarian hidupnya. Sedangkan masa remaja adalah masa transisi, masa peralihan. Remaja cenderung ingin bebas, tidak mau diatur dan semaunya sendiri. Remaja juga ingin mengetahui hal-hal yang belum diketahuinya. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat remaja ingin mencoba sesuatu. Jadi kegiatan penyuluhan ini berkaitan antara remaja dan reproduksi wanita.

“Remaja wanita harus memahami hal yang berkaitan dengan kewanitaan. Rasa ingin tahu remaja harus dijelaskan agar remaja tidak ingin mencoba sesuatu. Dijelaskan pula penyakit-penyakit wanita yang mungkin timbul” ujar Tri Rakhmawati.

Ditambahkan pula karena masa remaja adalah masa transisi dan keingintahuannya tinggi, maka penyuluhan kesehatan reproduksi sangat penting. Jangan sampai remaja tidak mengetahui risiko dari pergaulan bebas. Saat ini banyak kasus free sex dilakukan oleh remaja. Berawal dari rasa ingin tahu dan tidak mendapatkan penjelasan pengetahuan tentang reproduksi. Mereka akhirnya mencoba. Pengawasan yang ekstra dari semua pihak diharapkan meminimalisir tindakan free sex.

“Penyuluhan yang diselenggarakan oleh PDNA Purworejo ini diharapkan mampu memberikan pemahaman, pengetahuan dan wawasan tentang kesehatan reproduksi wanita khususnya untuk para remaja. Serta mari manfaatkan masa remaja ini dengan berkreasi dan berkarya dengan menyibukkan diri dalam kegiatan yang positif” ajak Nur Ngazizah, S.Si., M.M.Pd. selaku Ketua PDNA Purworejo.

Juga melalui agenda ini dapat muncul kader-kader putrid `Aisyiyah yang siap meneruskan perjuangan terutama di wilayah Purwodadi sebagai kader PCNA yang menjadi teladan, bermartabat dan berakhlaqul karimah.

Kontributor : Mindah Rahayuningsih (PCA Purwodadi)