PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta Gelar Darul Arqam Dasar

1
643

PWMJATENG.COM, SURAKARTA – Mengusung tema “Gerakan  Pencerahan Menuju Indonesia Beradab”, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Surakarta bekerja sama dengan empat Komisariat yaitu PK IMM Kasman Singodimedjo, PK IMM Azhar Bashir, PK IMM A.R. Fahrudin, dan PK IMM Djazman Al-Kindi menggelar kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) Pada tanggal 12-15 Januari 2017 yang bertempat di  Tulung,klaten.

Kegiatan ini Mengambil tema Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Beradab,yang dimana tujuan dari DAD ini yaitu untuk meneguhkan spirit dan militansi kader dalam rangka penguatan ideologi ikatan,karena spirit dan militansi haruslah dimiliki kader, terkhusus adalah seorang kader IMM. Kegiatan DAD Kali ini dikuti 30 Peserta yang tergabung dari empat komisariat yang berasal dari berbagai jurusan di IAIN Surakarta.

Alimatul Ghoriyah (Ketua Panitia), mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia yang ikut menyelenggrakan acara ini, semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar. Dan mengucapkan selamat datang kepada para peserta DAD, ketua  panitia mengatakan dalam sambutannya bahwasanya dalam menghadapi degradasi moral yang darurat saat ini, kemorosotan moral menggoroti generasi muda sehingga  masa depan bangsa ditentukan oleh pemudanya saat ini, sehingga kita harus membangun generasi yang berkualitas saat ini untuk memperbaiki bangsa kita agar menjadi bangsa yang lebih baik kedepannya.

Sementara Akhmad Zia Khakim (Ketua Umum PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta), mengucapkan selamat kepada empat komisariat yang telah menyelenggarakan perkaderan dasar (DAD), beliau berpesan hakikatnya ketika kita berproses di darul arqam dasar ini, kita sedang meniru Rasulullah, sahabat rasul bernama Arqam, kita disini jangan hanya jadi kader persyarikatan, terlalu sempit kita disini harus jadi kader kemanusiaan, kader  bangsa, kader agama, kader umat, kader negara dan kader persyarikatan. Jangan sampai terbalik, karena kalau hanya menjadi kader persyarikatan  kita hanya menjadi kader di Amal usaha Muhammadiyah (AUM), kita yang saat ini sebagai kader IMM kelak kedepannya harus menjadi presiden, rektor, pengusaha, bakan Dosen. Maka berprosesnya dari darul arqam dasar ini.

Selain itu Hamman, M.P.d sebagai pembicara dalam kegiatan stadium general DAD  PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta, beliau menyampaikan Islam Berkemajuan akan menghadirkan daya, sedang Islam nusantara tidak menghadirkan daya saing.

Posisi Islam berkemajuan berbeda dengan Islam Nusantara, Islam nusantara masih menggunakan pendekatan budaya dalam menghadirkan daya saing sedangkan muhammadiyah hadir membawa perubahan dan pencerahan. Bahwasanya ada fakta budaya lokal itu harus dihormati dan dihargai. Dan Islam sendiri hadir menjadi spirit, filter, dan juga inovator. Maka Islam berkemajuan akan menghadirkan daya saing yang kemudian Islam nusantara tidak menghadirkan daya saing, spirit Islam berkemajuan adalah spirit fastabiqul khairot, yakni semangat berlomba lomba dalam kebaikan tanpa harus kita merendahkan orang lain, tanpa harus menjatuhkan orang laian. (IMM Ahmad Dahlan Surakarta)