Pati Inisiasi Poros Intelektual, IPM Jawa Tengah lewat Madrasah Literasi

0
1006

PWMJATENG.COM, PATI – Bertempat di SMA Muhammadiyah 01 Pati, Rabu (15/2/2017) kemarin Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Pati sukses melangsungkan Madrasah Literasi edisi pertama. Hadir dalam diskusi tersebut elemen pimpinan daerah dan beberapa unsur pimpinan cabang dan ranting. Edisi pertama ini Madrasah Literasi mengangkat tema “Pengantar Filsafat”.

Filsafat dianggap sebagai sebuah fondasi yang kuat sebagai basis pengembangan keilmuan pelajar. Berangkat dari argumentasi tersebut, fase awal pengembangan kelompok diskusi ini terfokus pada penanaman pola berfikir filsafat yang diharapkan mampu membingkai serta mengkonstuksi nalar logis pelajar dalam menganalisis berbagai problem yang dijumpai baik secara organisasi maupun individu.

Beragam apresiasi diberikan kepada Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Pati atas terselenggaranya Madrasah Literasi. Seperti yang disampaikan oleh Direktur Madrasah Literasi dan Ketua Umum PD IPM Kabupaten Pati.

“Madrasah Literasi ini merupakan langkah awal menentukan ciri IPM Kabupaten Pati. Melihat dinamika IPM di Jawa Tengah yang lesu dalam hal intelektual, kami dating membawa alternatif gerakan pelajar yang focus mengembangkan daya intelektual kader. Diawal kami akan menguatkan kajian filsafat, kemudian setelahnya kami akan mencoba mendalami khasanah ilmu sosial dan pemikiran Islam,” ungkap Afghani Bima Pradana (Direktur Madrasah Literasi).

Senada dengan yang diungkapkan Bima, pemateri yang merupakan demisioner IMM Muhammad Fariz mengungkapkan bahwa kajian seperti ini harus terus dijalankan. Mengingat tradisi intelektual IPM yang belum terlalu kuat. Berbanding terbalik dengan tradisi intelektual IMM yang sudah mengakar. Mendorong terbentuknya tradisi intelektual yang kuat mampu mendorong kemajuan dalam gerakan IPM, apalagi dewasa ini IPM mengusung Gerakan Pelajar Berkemajuan.

Kerua Umum PD IPM Kabupaten Pati, Ipmawan Zaenuri mengungkapkan “Kegiatan ini sesuai dengan visi PD IPM Pati yang ingin menawarkan pola gerakan baru IPM Jawa Tengah. Kedepan harapanya adalah Pati mampu menjadi api sekaligus poros gerakan intektual IPM Jawa Tengah. Visi ini buka omong kosong, kami sudah siapkan strategi mewujudkan itu. Tahun Pertama ini kami akan fokus mematangkan konsep Madrasah Literasi. Kedepan kami sudah siapkan anggaran untuk pengadaan seribu buku kemudian setelahnya kami siap untuk membangun sebuah lembaga keilmuan yang terbuka untuk masyarakat. Semoga ditahun ketiga kepemimpinan, IPM Pati mampu mewujudkan visi tersebut,”.

Sebelumnya PD IPM Kabupaten Pati juga telah sukses melakukan beberapa kegiatan yang mengarah kedalam pengembangan daya inteltual kader. Sukses dengan Lokakarya Pengembangan Cabang dan Ranting yang mampu menghasilkan pola gerakan baru kini IPM Pati mulai menjajaki pendalaman daya nalar pelajar dengan Madrasah Literasi.