Ngarit Berkah Ramadhan Bersama Rektor Unimus

0
436

SEMARANG –Kajian rutin “Ngarit Berkah Ramadhan” di Masjid At-Taqwa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), memasuki hari ke-5, menghadirkan Rektor Unimus, Prof Dr H Masrukhi, MPd. Peserta atau jamaah kajian yang terdiri dari civitas akademik Unimus dan warga sekitar.
Di Masjid yang beralamat di Jalan Kedungmundu Raya ini, Rektor Prof Dr H Masrukhi, MPd, menyampaikan tentang “Hakikat Puasa Ramadhan”. Dia menilai bahwa kewajiban puasa bagi orang Islam yang beriman telah disebutkan dengan jelas dalam surat Al- Baqarah : 183. Kewajiban puasa ini diperintahkan oleh Allah seusai hijrah ke-2 Nabi Muhammad SAW ke Madinah tepatnya 1,4 bulan nabi beserta pengikutnya tinggal di madinah.
“Puasa bagi seorang muslim yang beriman tidaklah hanya sekadar menahan lapar dan dahaga, namun hakikat puasa yang sebenarnya yaitu puasa yang sesuai dengan ketetapan Allah SWT. Yakni, tidak sekadar menahan lapar dan haus tetapi juga menahan nafsu duniawi,” tegasnya.
Karena itu, Masrukhi berpesan agar bulan Ramadhan dimanfaatkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga kita bukan termasuk orang – orang yang merugi.
Kajian yang berlangsung selama kurang-lebih 20 menit ini, ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan menyantap takjil dan sholat maghrib berjamaah. (Murtiasih, Fitria Amalia)