Musyawarah Wilayah XVI Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah. Zainuddin Aphandi Ketua Terpilih

0
484

KARANGANYAR – Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu menyelenggarakan Musyawarah Wilayah XVI di Tawangmangu, Karanganyar. Musywil dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Alun-alun Karanganyar. Selain itu, acara Pembukaan juga dihadiri Ketua Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah Jawa Tengah, Drs. H. Musman Thalib, M. Ag, Mantan Wakil Ketua MPR RI, Hajriyanto Y. Tohari, serta Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Abdul Mu`thi, M. Ed. Abdul Mu`ti, yang juga mantan Ketua PWPM Jawa Tengah dan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, memberikan nasehat kepada peserta agar tetap istiqomah dalam mengemban amanah, tidak melakukan deal-deal khusus untuk kepentingan pribadi.
Musywil yang mengusung Tema “Meneguhkan Idiologi Memantapkan Spirit Moral untuk terwujudnya Indonesia Berkemajuan” tersebut dihadiri oleh wakil PDPM dan PCPM dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, dengan total peserta mencapai 1200 orang.
Salah satu hasil dari permusyawaratan tersebut adalah menetapkan Zainuddin Ahpandi sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah Periode 2015-2019. Dalam pemilihan Ketua, Zainuddin yang juga berasal dari Karanganyar mengalahkan kandidat lainnya dengan 440 suara, diikuti M. Zuhron Arofi dari PDPM Kabupaten Magelang dengan 345 suara, Amruddin Mahfudh Juma`i dari PDPM Kota Semarang dengan 221 suara, Imam Arif dari PDPM Kabupaten Banyumas dengan 80 suara dan H. Nasri dari PWPM domisioner dengan 1 suara.
Salah satu kandidat yang kalah dalam pemilihan ketua PWPM, Amruddin Mahfudh Juma`i, mengaku akan memberikan suport penuh kepada Ketua terpilih semoga dapat menjadikan Pemuda Muhammadiyah berwibawa, pemuda Pemakmur masjid, berkemandirian dan yang paling utama Pemuda Muhammadiyah harus bisa ngaji.
Selain Jumai, kandidat lain seperti Zuhroni dan Imam Arif juga diharapkan tetap masuk dalam struktur Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah. Menurut Juma`i, banyak PR yang musti diperhatikan bagi Pemuda Muhammadiyah Jateng yaitu fokus kegiatan dakwah yang belum optimal, Integritaske pemimpinan, Eksistensi organisasi dan kemandirian organisasi maupun anggota organisasi.
Zaenudin Aphandi selaku ketua PWPM terpilih juga siap mengakomodir seluruh kekuatan, baik SDM yang ada di PDPM se-Jawa Tengah, amal usaha dan kemitraan lainnya, sehingga suporting dari berbagai pihak sangat diharapkan termasuk keinginannya mendirikan usaha-usaha ekonomi milik pemuda Muhammadiyah se-Jateng.
Acara Musywil juga dimeriahkan oleh atraksi Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Tari Kolosal Siswa-siswi MI Muhammadiyah Karanganyar dan atraksi dari Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhamamdiyah (KOKAM) pada upacara pembukaan. Selain itu, juga digelar kegiatan donor darah, sarasehan KOKAM DAN Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati di hadiri Ketua Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah dari berbagai era, baik tingkat pusat, wilayah dan juga daerah. Diantaranya Drs. Hajriyanto Yasin Tohari, MA, Drs. H. Yuliatmono, MM, H. Suratman HM, H. Setia Irianto,SE, M.Si, Drs. H. Sugiyono, M.Si, Drs. H.Wahyudi, M.Pd dan Rohmat Suprapto, S.Ag, M.Si dan Drs. H. Dahlan Rais yang membawakan tema “Memperkuat Kapasitas Kader dalam Mempersiapkan Transformasi 3 Ranah”. (Fakhrudin/Sangpencerah.com/beritajateng.net/panitiamuswil2015.worpress.com)