Musim Hujan, BPBD dan MDMC Kendal Gelar Apel Siaga Bencana 2016

0
874
Jajaran LPB MDMC PDM Kendal siap siaga 24 jam tanggap bencana berpose di alun – alun Kota Kendal usai mengikuti apel bersama BPBD Kabupaten Kendal

PWMJATENG.COM, KENDAL – Memasuki musim penghujan di penghujung tahun 2016 dan sebagai ikhtiar kolektif tanggap bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal bekerja sama dengan Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah Disaser Management Centre (LPB MDMC) PDM Kendal. Kerja sama tersebut ditandai dengan apel pada Rabu (30/11/16) di alun – alun Kota Kendal.

Apel dalam cuaca mendung tersebut selain dihadiri oleh kedua lembaga peduli tanggap bencana turut hadir pula jajaran TNI, Polri dan Wakil Bupati Kendal, H. Masrur Masykur, M.Si yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Wakil Bupati Kendal dalam sambutannya meminta kepada seluruh lembaga penanggulangan bencana untuk bersiap lebih dini. “Bencana alam bisa datang sewaktu – waktu, maka organisasi penanggulangan bencana yang ada bersama TNI dan Polri harus siap siaga menghadapinya,“ pintanya.

Hal itu sebagai ikhtiar bersama mencegah terjadinya bencana beliau menghimbau kepada masyarakat Kendal untuk tidak membuang sampah di sembarangan tempat.

Ketua LPB PDM Kendal, Moch. Hafiedz, A.Md ketika ditemui usai apel mengemukakan, LPB MDMC PDM Kendal sejak dini jajarannya stand by. “Kami sudah mempersiapkan personalia tanggap bencana dengan terus mengasah ketrampilan yaitu mengikuti latihan gabungan MDMC se Jawa beberapa waktu lalu di Pemalang selama 3 hari,” katanya.

Menurut beliau hasil pelatihan tersebut bisa dipraktekkan di Kendal yang sering terjadi bencana alam seperti banjir.  “Dalam pelatihan  tersebut terbagi dalam kualifikasi sar, medis, psikososial, dapur umum dan manajemen bencana. Kualifikasi itu dapat menjadi bekal jajaran MDMC dalam menghadapi kebencanaan,” jelasnya.

Terhadap kegiatan apel Hafiedz menilai sebagai media sillaturrahim. “Apel selain meningkatkan disiplin diri juga sebagai tempat sillaturrahmi antara LPB MDMC PDM Kendal dengan pemerintah dan bisa berdampingan lebih erat dalam penanganan kebencanaan,” tuturnya.

Senada dengan Hafidz, wakil ketua MDMC Kendal, Joko, yang ikut dalam barisan apel bersama 25 personil dari MDMC, telah mempersiapkan teamnya dalam siaga bencana. “Kami mempersiapkan dua posko siaga bencana, yaitu gedung pusat dakwah Muhammadiyah Kendal sebagai posko induk koordinasi, dan Muhammadiyah Dakwah Cetre (MDC) Weleri. Sebagai wujud kesiapsiagaan, terdapat 4 mobil ambulance yang didukung oleh tenaga medis dari RSI Muhammadiyah Kendal,” jelas Joko. (Agung Prakuso/MPI Kendal)