Muhammadiyah Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

0
179

Sejak didirikan pada18 November 1912 oleh KH Ahmad Dahlan  , Muhammadiyah saat ini bertepatan 18 November 2019 memasuki miladnya yang ke 107 tahun.Sebuah perjalanan yang panjang bagi pergerakan yang memiliki tujuan mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar benarnya.

Sejak awal didirikan Muhammadiyah sangat menyadari keadaan masyarakat dan bangsa  akan maju dan berkembang ketika pendidikan menjadi pilar utama dalam pergerakannya.Sehingga Muhammadiyah sudah sejak awal mendirikan lembaga pendidikan sebagai prasyarat untuk mencerdaskan dan memajukan kehidupan bangsa.

Ternyata apa yang dipikirkan Muhammadiyah sejalan dengan tujuan negara Indonesia dimana salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu sejatinya Muhammadiyah sangat berperan dalam membantu negara untuk mencapai tujuannya melalui pendidikan

Gerakan Muhammadiyah lewat pendidikan  telah melahirkan putra-putri terbaik bangsa yang memiliki peran keumatan maupun kebangsaan. Tokoh seperti  Bung Karno, pernah  aktif  sebagai anggota majlis pendidikan dan pengajaran di Muhammadiyah bengkulu , Pak Suharto presiden ke-2 Republik Indonesia  juga pernah sekolah di perguruan muhammadiyah. Dan masih banyak lagi tokoh nasional yang pernah  sekolah di perguruan Muhammadiyah.

Keberadaan pendidikan Muhammadiyah  yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia  dari Sabang sampai Merauke telah menguatkan peran Muhammadiyah dalam bidang pendidikan yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bahkan yang menarik siswa sekolah Muhammadiyah tidak hanya berasal dari agama Islam tapi juga non Islam. Sehingga tanpa berteriak paling toleran dan nasionalis Muhammadiyah akan terus  berbuat untuk kemajuan bangsa dan negara. dan Ini menjadi bakti Muhammadiyah  dalam mewujudkan masyarakat yang terdidik dan memiliki kualitas lebih baik

Semoga komitmen pergerakan Muhammadiyah yang tetap fokus  dalam membangun SDM yang unggul dan maju melalui pendidikannya  dapat merubah kondisi masyarakat yang berkeadaban  dan berkarakter. Karena kecerdasan yang di harapkan bukan hanya secara intelektual tetapi juga spiritualnya.

Selamat dan sukses Milad Muhammadiyah ke-107 “Muhammadiyah Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Penulis adalah H.Arief Azman, SE selaku ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabaupaten Tegal Jawa Tengah , di tulis pada 18 November 2019