Muhammadiyah Karanganyar Tetapkan Peserta Utusan Muktamar 48

0
135

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Proses persiapan menuju Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah kembali menggeliat setelah sekian waktu “mandeg” kegiatan fisik secara langsung. Beberapa waktu lalu melalui kegiatan “Silaturahmi Pimpinan Muhammadiyah” secara nasional dan internasional yang diselenggarakan secara online, dengan salah satu amanat Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkait pelaksanaan Muktamar 48 berikutnya ditindaklanjuti rapat terbatas Panitia Pusat dan Panitia Penerima, Sabtu (19/06) di UMS.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karanganyar salah satu calon peserta Muktamar 48 sebagai utusan daerah membawa hasil pertemuan diatas, melalui forum resmi persyarikatan dalam bentuk Rapat Pimpinan (rapim) Selasa (23/06) dengan agenda utama Pemilihan Peserta Utusan Muktamar 48 PDM Karanganyar bertempat di Media Center Aula Lantai 2 Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar.

“Mengacu pada SK Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 1946/KEP/I/O/B/2019 tentang Jumlah Utusan Daerah Peserta Muktamar 48, sebagai wakil daerah maka kita gelar rapat pimpinan pada malam hari ini” kata Sarilan M. Ali Sekretaris PDM Karanganyar.

Mengawali rapat pimpinan, Ketua PDM Karanganyar Muh Samsuri menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan rapim tersebut. “Pertama yang peru saya sampaikan adalah terkait peserta rapim pada hari ini, dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid 19 maka rapim kali ini hanya diikuti oleh Pimpinan Daerah, Ketua Pimpinan Cabang, Ketua Majelis/ Lembaga untuk Pimpinan Ortom dipersilakan mengikuti proses melalui siaran online yang ditayangkan langsung oleh Tim Media Center PDM.”

Selanjutnya Muh Samsuri menjelaskan jika sesuai ketentuan PDM yang memiliki tujuh belas atau lebih Pimpinan Cabang maka berhak mengirimkan sejumlah delapan delegasi utusan muktamar. “Kita punya jatah delapan dengan salah satu adalah ex officio Ketua PDM, sehingga kita nanti memilih tujuh orang lagi peserta yang berasal dari Pimpinan Daerah dan Pimpinan Cabang. Kami telah berdiskusi untuk mempercepat dengan menawarkan formula 3:5 antara PDM dan PCM” kata Ketua PDM dua periode ini.

Beberapa PCM memberikan tanggapan ada yang setuju formula 3:5 namun juga ada beberapa yang mengusulkan 4:4 untuk komposisi utusan. Amin Yusupandi dari PCM Karangpandan mengusulkn formula 4:4 “dengan pertimbangan pengalaman dan kedekatan dengan Pipinan Pusat saya merasa empat orang dari PDM lebih tepat karena untuk komunikasi bahkan nantinya menentukan pilihan atas calon-calon pimpinan dari PDM lebih mengetahui” yang diaminkan oleh ketua PCM Jenawi Subandi. Sementara itu wakil dari PCM Jumantono, Colomadu, Jumapolo, Kerjo dan beberapa yang lain lebih memilih formula 3:5, akhirnya formula ini yang disepakati.

Sebelum diputuskan berkaitan nama-nama utusan, Ketua PDM menyampaikan data history delegasi Muktamar dari PDM Karanganyar tiga atau empat periode muktamar sebelumnya dengan pertimbangan agar PCM yang belum pernah ikut bisa diprioritaskan pada periode muktamar 48.

Hasil akhir Rapim PDM Kabupaten Karanganyar tentang Pemilihan Peserta Utusan Muktamar 48 adalah sebagai berikut :
1. Ketua PDM Karanganyar : Dr. H. Muh Samsuri, M.S.I.
2. Sekretaris PDM Karanganyar : Sarilan M. Ali, M.Pd.
3. Wakil Ketua PDM Karanganyar : H. Nur Hidayat S.R., M.Pd.
4. Ketua PCM Jumantono : Muhammad Ngisom
5. Ketua PCM Karangpandan : H. Amin Yusupandi, M.Pd.
6. Ketua PCM Gondangrejo : *)
7. Ketua PCM Mojogedang : H. Miyarso, M.Pd.
8. Keua PCM Tasikmadu : H. Mahmudi
*) Menunggu wakil PCM yang udzur syar’i.
“Selanjutnya terkait kelengkapan berkas administrasi dan lain-lain terkait kepesertaan utusan muktamar akan diurus dan disiapkan oleh Panitia Muktamar 48 bidang utusan muktamar sdr. Joemadi bersama timnya.” Kata Muh Samsuri sebelum nenutup proses Rapim PDM Karanganyar. (MPI PDM Kra-JOe).