Muhammadiyah Jawa Tengah Gelar Musypimwil, Pilih 39 Calon Pimpinan Wilayah

0
326

SEMARANG – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah akan menggelar Musyawarah Pimpinan Wilayah (Musypimwil) Muhammadiyah Jawa Tengah, Minggu (22/10) di Komplek RS PKU/SMA/SMK Muhammadiyah Mayong, Kabupaten Jepara. Agenda utama dalam forum tertinggi setelah Musyawarah Wilayah (Musywil) tersebut adalah memilih 39 nama Calon Tetap Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Periode 2015-2020.
Panitia Pemilihan Wilayah (Panlihwih) Musywil Muhammadiyah Jawa Tengah, Drs. H. Djoko Sanyoto, M. Pd, menyatakan bahwa panlih telah menetapkan 50 nama bakal calon tetap Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Periode 2015-2020. Nama-nama tersebut dihimpun dari penjaringan usulan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Jawa Tengah, yang mempunyai hak suara dalam perhelatan musywil, yaitu satu orang ketua dan tiga hingga lima orang wakil ketua bergantung dari jumlah tiap Pimpinan Cabang yang dimiliki oleh PDM. Nama yang terjaring tersebut tidak otomatis menjadi bakal calon tetap tetapi harus diverifikasi oleh panlihwil, salah satunya adalah syarat minimal tiga pengusung dan mengisi formulir kesediaan menjadi PWM Jawa Tengah.
Berdasarkan data panlih, hasil penjaringan nama total berjumlah 132 orang, yang memenuhi syarat minimal tiga pengusung hanya 87 nama, dan yang mengembalikan surat kesediaan menjadi PWM hanya 57 nama, 6 diantaranya tidak bersedia dan satu meninggal dunia.
Selanjutnya panlih menetapkan 50 nama bakal calon PWM Jawa Tengah Periode 2015-2020, antara lain:
1. Dr. H.A. Hasan Asyari Ulamai, M. Ag.
2. Prof. Dr. Suparman Syukur, MA.
3. Dr. H. Ari Anshori, M. Ag
4. Drs. Wahyudi. M.Pd
5. Drs. Rozihan S.H., M.Ag
6. Prof. Dr. H. Yusuf Suyono, MA.
7. Dr. M. Abdul Fattah Santoso, M. Ag
8. Dr. M. Darori Amin M.A
9. Prof. Dr. H.M. Dailamy SP
10.Dr. M. Zulfa, M. Ag
11.Dr. Haerudin
12.K.H. Drs Musman Tholib M.Ag
13.M. Farchan Tontowi
14.dr. H. Fuad Alhamidy, M. Kes
15.Drs. Asep Sutisna MM
16.Drs. H. Karnadi Hasan, M. Pd
17.Drs. H. Asy’ari Muhadi BA., MA
18.H. Muslim
19.Drs. Iskhaq
20.Usman Daud Ahmady
21.Bisyron Muhtar S.Ag., M.SI.
22.Dr. H. Syamsul Hidayat, M. Ag.
23.Prof. Dr. Djamaluddin Darwis, MA.
24.Prof. Dr. Bambang Sumardjoko
25.Sukidi, S. Ag. M. Pd.
26.Drs. H. Ali Muhson, M. Ag. M.Pd.I, MH. MM
27.Drs. H. Achmad Su’ud, M.Si
28.Ikhsan Intizam Lc., M.Ag
29.Drs. Tafsir M.Ag
30.H. Mundjirin Mz, S. Pd
31.Drs. H. Wahyudhiana, M.MPd
32.H. Naibul Umam Eko Sakti, S. Ag. M.Si
33.Drs. H.M. Ali Satiran, M. Pd
34.Dr. H. Widhi Handoko, SH., Sp.N
35.Dr. dr. H. Shofa Chasani, Sp. PD, KGH
36.Drs. Parlin, M. Ag
37.Drs. Danusiri M. Ag
38.H. Zainal Arifin, SE, M.KOM
39.Dr. H. Zakiyuddin Baidhawy
40.Drs. H. M. Yazid Jamil, M. Pd
41.Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd
42.Rohmat Suprapto, S. Ag, M. Si
43.H. Setia Iriyanto, SE, MSi
44.Widadi, SH
45.Drs. H. Jumari al Ngluwary
46.Dr. Ir. H. Bambang Surendro, MT, MA
47.Dr. Sofyan Anif, M.Si
48.Dr. Sudarno Shobron, M. Ag
49.Drs. M Najmuddin Zuhdi, MA.
50.Arif Budiono, S. Pd. I; M. Pd. I
(disusun berdasarkan waktu diterimanya pernyataan kesediaan)

Kelima puluh nama bakal calom PWM tersebut akan dipilih dalam forum musypimwil menjadi 39 nama calon tetap PWM Jawa Tengah.
Jumlah nama bakal calon PWM Jawa Tengah pada Musywil kali ini dikomentari oleh beberapa pihak sebagai penurunan, karena pada perhelatan Musywil di Purworejo lima tahun yang lalu mencapai 93 nama bakal calon yang selanjutnya dipilih menjadi 39 calon tetap dan dipilih kembali di arena musywil menjadi 13 nama PWM Jawa Tengah.
Menanggapi hal tersebut, Djoko Sanyoto menuturka bahwa panlihwil sudah berusaha keras mensosialisasikan aturan pemilihan yang berbeda dari Musywil sebelumnya, peraturan tersebut telah dilakukan pada saat Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, yaitu dukungan minimal tiga pengusung dan satu PDM mendapat total empat hingga enam suara yang dapat diusulkan. Namun, menurut Djoko Sanyoto, banyak PDM yang tidak memahami betul aturannya sehingga hanya mengirim satu suara saja.
Sementara itu, Kepala Kantor PWM Jawa Tengah, Mundzirin, mengatakan Musypimwil akan dihadiri oleh anggota pleno PWM Jawa Tengah, Ketua PDM se-Jawa Tengah beserta tiga wakilnya, Organisasi otonom (ortom) tingkat wilayah, Majelis dan lembaga pembantu PWM, Undangan Musypimwil dari Amal Usaha Muhammadiyah, dan sebagainya.
Selain menetapkan Calon tetap PWM Jawa Tengah, Musypimwil juga akan mengesahkan jadwal acara dan tata tertib Musywil. (Fakhrudin/MPI PWM Jateng)