Muhammadiyah Galang Dana Peduli Rohingya

0
433
Ustad Lanang Mudadi

PWMJATENG.COM, MAGELANG – Melihat berita media yang memberitakan tentang krisis kemanusiaan yang menimpa etnis muslim rohingya dengan begitu gempar membuat hati ini semakin miris. Gejolak tersebut membuat umat Islam dipenjuru dunia ikut merasakan duka yang mendalam. Salah satunya adalah umat Islam yang ada di Indonesia. Berbagai aksi kepedulian para umat Islam dari ibukota hingga pelosok desa punya cara sendiri untuk menunjukkan kepeduliaanya. Salah satunya adalah warga Muhammadiyah Kota Magelang.

Kegiatan bertajuk Pengajian Dan Penggalangan Dana Peduli Rohingya itu diikuti oleh guru-guru di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah dari SD hingga SMA/SMK. Tidak ketinggalan pula beberapa guru TK ABA Kota Magelang yang turut hadir dalam acara tersebut. Sekitar 200 orang hadir dalam kegiatan tersebut dan dengan penuh peduli ia menyalurkan sedikit rupiah untuk para saudara muslim di Rohingya. Dalam sambutannya, H. Solichin, S. Ag selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang menuturkan bahwa  kegiatan ini selain pengajian rutin bulanan guru-guru Muhammadiyah juga sekaligus penggalangan dana peduli Rohinya. Ini menunjukkan bahwa umat Islam di indonesia turut peduli atas kejadian krisis kemanusiaan yang menimpa saudara sesama muslim yaitu etnis rohingya. Khususnya adalah warga Muhammadiyah di Kota Magelang.

Acara ini semakin menarik dan penuh raut wajah kesedihan ketika Ustad Lanang Mudadi selaku pembicara mengungkapkan bagaimana keadaan etnis muslim rohingya mendapatkan siksaan dan perlakuan dzolim. Bahkan sedikit vidio pendukung kabar tentang etnis muslim rohingya diputar membuat hati jamaah semakin terketuk hatinya untuk turut membantu. Setidaknya, sedikit rupiah itu menunjukkan kepedulian sesama muslim bahwa dimanapun mereka berada ia adalah saudara umat islam dalam bingkai keimanan.

Dari penggalangan melalui kotak keliling tersebut terkumpul sejumlah uang 10 juta rupiah. Hasil penggalangan tersebut akan disalurkan lewat lembaga zakat Muhammadiyah yaitu LAZISMU. Lazismu yang merupakan lembaga zakat nasional serta bekerjasama dengan relawan Muhammadiyah yaitu MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center). (MPI Kota Magelang).