Muhammadiyah dan Aisyiyah Adakan Jambore Anak Panti se-Jawa Tengah di Karanganyar

0
1351
Kegiatan Outbound Jambore Panti Asuhan Muhammadiyah dan Asyiyah se-Jawa Tengah di Camping Lawu Resort Tawangmangu Kabupaten Karanganyar

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Jambore Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah demikian nama kegiatan ini untuk yang pertama kalinya dihelat di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan Jambore dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Jum’at sampai Ahad 14-16 Oktober 2016 bertempat di Camping Lawu Resort sebuah kawasan yang indah dan sejuk di lereng sebelah barat Gunung Lawu di daerah wisata Grojogan Sewu, atau tepatnya Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Pembukaan Jambore Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah Jawa Tengah ini dibuka secara resmi oleh Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, MM., pada hari Sabtu (15/10) pagi dengan upacara bendera oleh seluruh peserta Jambore.

Disampaikan oleh Ketua Pelaksana Jambore Slamet Khaelani, M.Pd., yang juga Ketua Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar bahwa kegiatan ini diikuti oleh utusan Panti Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Jawa Tengah. “Ada sejumlah 1.078 peserta anak-anak panti Muhammadiyah dan Aisyiyah dari 35 Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah”, ungkap beliau kepada MPI (Majelis Pustaka dan Informasi) di lokasi Jambore.

Sementara Djadi, S.Pd., salah seorang panitia pelaksana Jambore mengungakapkan bahwa kegiatan Jambore dilaksanakan layaknya jambore-jambore yang biasa dilakukan Pramuka, Pecinta Alam maupun PMR. Kegiatannya meliputi permainan, pentas seni, jelajah/tadabur alam. “Besok pagi masih ada kegiatan tracking ke Grojongan Sewu, start dari base camp jam 08.00 pagi”, ungkap Pak Djadi.

Slamet Khaelani maupun Djadi mengungkapkan kepada MPI bahwa tidak ada target muluk yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Jambore ini, kami ingin membahagiakan anak-anak panti dan memuliakannya sebagaimana anak-anak lain yang memiliki keluarga yang lengakap dan mereka memiliki nasib yang sama dengan anak-anak panti lain di Jawa Tengah ini.

Harapan dari panitia pelaksana untuk ke depan kegiatan ini bisa dilestarikan sebagai ajang silaturahim anak panti dan ditingkatkan untuk tingkat nasional. “Bapak Bupati Karangayar yang juga kader Muhammadiyah merespon positif dan meminta kegiatan secara nasional bisa dilaksanakan di Karanganyar tahun depan dan Pemkab akan mendukung”, kata Slamet Khaelani mengakhiri wawancara. (MPI PDM Kra – JOe.)