Muhammadiyah Bareng Polres Purworejo Drop Air Daerah Kekeringan

0
250

PWMJATENG.COM, Purworejo – Muhammadiyah Purworejo bersama Polres Purworejo serta PDAM Purworejo bekerja sama dalam penanganan kekeringan yang terjadi di beberapa titik lokasi Kabupaten Purworejo. Secara simbolis dilaksanakan pelepasan tim rombongan teknis pengiriman pada Kamis (31/10) di Halaman Kampus Timur Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Disampaikan Pujiono Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo bahwasanya agenda ini salah satu habluminallah dengan perwujudan habluminannas-nya semakin baik.

“Tidak ada yang aqidahnya bagus tidak linier dengan habluminannas-nya. Maka, orang yang habluminallaah-nya bagus pasti akan baik pula habluminannas-nya. Itulah kepedulian kita, rasa kepekaan sosial kita akan diuji. Maka agenda ini salah satu wujud dakwah dengan turut serta dalam penanganan kekeringan di berbagai daerah,”ungkapnya.

Lanjutnya, dalam pemetaan lokasi distribusi bekerja sama dengan pimpinan cabang setempat, Lembaga Penanganan Bencana (LPB) Muhammadiyah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo sesuai dengan titik sasaran yang membutuhkan.

Andis Arfan T. WakaPolres Purworejo mewakili Kapolres yang berhalangan hadir menyampaikan bahwasanya ini bentuk merupakan aksi nyata bersama Muhammadiyah, Polres dan PDAM Purworejo dengan mahasiswa dan Angkatan Muda Muhammadiyah yang beberapa saat lalu turut mengkritisi kebijakan pemerintah sebagai kontrol sosial.

“Sehingga aksi nyata ini diberikan pada yang membutuhkan di beberapa daerah Purworejo. Harapannya semoga bantuan bermanfaat dan kerja sama dengan Muhammadiyah dan PDAM semakin erat”,ungkap Andi Arfan.

Direncanakan akan disalurkan kurang lebih 50an tangki air bersih yang merupakan donasi dari Polres, Jamaah Muhammadiyah dan `Aisyiyah serta pihak lainnya dengan kapasitas tangki air 4000 liter yang secara simbolis diberangkatkan beberapa tangki menuju desa Polowangi dan desa Ngandagan Kecamatan Pituruh.

Dalam pelaksanaan teknis penyaluran dilaksanakan menggunakan mobil tangki dari PDAM Purworejo beserta airnya dengan tim teknis yang turun secara langsung di lapangan menuju titik lokasi dari Lembaga Penanganan Bencana (LPB) Muhammadiyah Purworejo, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Purworejo, `Aisyiyah, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) dan komponen persyarikatan lainnya.

Hermawan Wahyu Utomo Direktur PDAM Tirta Perwitasari mendukung dengan adanya gerakan penyaluran air bersih ini serta menyampaikan harapan keberlanjutan ke depannya dalam penanganan kebencanaan secara menyeluruh.

“Hal ini sangat bagus adanya dukungan dari semua pihak terkait adanya kekeringan. Ke depannya kami juga mengharapkan sustainable-nya gerakan semacam ini. Semua bertindak bersama untuk mengatasi hal ini seperti perhutani dengan penanaman pohonnya, eksekutif – legislatif mendukung penganggaran untuk pembuatan pundi-pundi air guna mendukung jangka panjang. Sehingga jangan hanya parsial tetapi menyeluruh bisa mem-back up seluruh potensi kekeringan yang ada. Juga tantangan untuk akademisi untuk menangani dari segi keilmuan agar dapat teratasi”,ungkap Hermawan.

Juga pada beberapa waktu sebelumnya telah dilaksanakan pula pengiriman air bersih oleh Kantor Layanan LazisMu Universitas Muhammadiyah Purworejo kurang lebih 35an tangki yang tersebar pada beberapa titik lokasi di Kabupaten Purworejo pula.

“Kerja sama yang telah terjalin dengan berbagai pihak salah satunya Polres Purworejo terutama dalam bidang penanganan bencana semoga akan semakin erat terjalin berlanjut, terlebih selanjutnya menghadapi musim penghujan yang akan segera datang dengan berbagai potensi kebencanaan yang menyertainya seperti banjir, tanah longsor dan lainnya. Semoga agenda ini membawa keberkahan dan rahmat pada kita semua dan bagi yang mendapatkan bantuan hingga menjadi masyarakat Purworejo yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofuur”, pungkas Pujiono. (*)