Muhammadiyah Banjarnegara Resmikan Kantor Layanan Lazismu

PWMJATENG.COM, BANJARNEGARA – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Banjarnegara menyelengarakan acara launching kantor layanan Lazismu Kabupaten Banjarnegara pada hari Ahad (19/3). Kantor layanan yang beralamatkan di Jl. K. H. Ahmad Dahlan No. 06 Banjarnegara ini diresmikan langsung oleh ketua PD Muhammadiyah Banjarnegara, Sobri.

Menurut ketua Lasizmu Banjarnegara, Widyasmara, peresmian kantor Lazismu ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat yang akan menyalurkan zakat, infaq atau shadaqohnya mengingat selama ini pelayanan Zakat masih berpusat di kantor PDM.

Acara launching kantor layanan ini disertai beberapa kegiatan pendukung antara lain pemberian beasiswa pendidikan bagi anak – anak korban bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Jemblung Kecamatan Karangkobar Banjarnegara pada tahun 2014 lalu. Pemberian beasiswa ini merupakan program jangka panjang pasca bencana. Lazismu berkomitmen untuk memberikan beasiswa kepada anak – anak korban bencana minimal hingga mereka lulus jenjang SMA.

Acara pendukung berikutnya adalah pameran produk tepung mocaf yang diproduksi oleh kelompok dampingan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PDM Banjarnegara. MPM Banjarnegara sampai saat ini sudah mendampingi 5 kelompok untuk memproduksi tepung mocaf yaitu di Desa Pesangkalan, Pucungbedug, Karanganyar, Parakan dan Blambangan. Dari ke lima kelompok tersebut rata – rata mampu menghasilkan tepung mocaf sebanyak kurang lebih lima kuintal per-minggu.

Selain beberapa acara tersebut, dilaksanakan pula pengobatan gratis dan pemberian bantuan sembako kepada 100 tukang becak yang ada di sekitar kota Banjarnegara. Pengobatan gratis dilaksanakan bekerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Merden Banjarnegara dan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Banjarnegara. Selain mendapatkan sembako dan pengobatan gratis, para tukang becak mendapatkan motivasi kewirausahaan yang disampaikan oleh Fajar, ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Banjarnegara. Fajar sendiri merupakan pemilik salah satu Resort besar di Banjarnegara yang bergerak di bidang outbond dengan produk unggulan antara lain Arung Jeram, Outbound Trainning, Paintball dan Camping. Pemberian motivasi usaha ini bertujuan memberikan edukasi kepada para tukang becak untuk dapat menjadi tukang becak yang cerdas, tidak hanya menggunakan otot dalam bekerjanya tetapi menggunakan strategi sehingga dapat berkembang.

Menurut Ketua PDM Banjarnegara ,Sobri, kegiatan ini merupakan upaya awal Muhammadiyah Banjarnegara dalam melaksanakan sinergi Majelis Lembaga yang menjadi pilar baru gerakan Muhammadiyah abad ke-dua sebagaimana disampaikan oleh ketua PP Muhammadiyah, Hajriyanto Thohari pada saat Tabligh Akbar Muhammadiyah Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu. “dengan diresmikannya kantor Layanan Lazismu ini semoga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat berkaitan dengan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh. Pelayanan dari Muhammadiyah untuk umat dan bangsa, bukan hanya untuk warga Muhammadiyah saja” ungkapnya. (Fitran)