MTs Muhammadiyah Bumirejo Peringkat Pertama Lomba Madrasah Sehat HAB Kementerian Agama ke -74

0
150

PWMJATENG.COM, Magelang– Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Bumirejo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang berhasil mendapatkan peringkat pertama lomba madrasah sehat dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke -74 beberapa waktu yang lalu.

Tim penilai berasal dari unsur Kementerian Agama, aspek penilaian meliputi kebersihan dan kerapian beberapa ruangan serta kelengkapan fasilitas yang ada, seperti ruang guru, ruang kelas, perpustakaan dan kamar mandi. Kemudian juga tempat ibadah, kantin, sanitasi air, tanaman pelindung serta fasilitas unit kesehatan. Demikian disampaikan Kepala MTs Muhammadiyah Bumirejo Muhammad Abdurrahman, S.Sos ketika ditemui di kantornya pada Selasa 11/ 02/ 2020.

Menurut pria kelahiran Magelang 13 Juni 1982 ini, MTs Muhammadiyah Bumirejo selama ini sudah ada program rutin yang bertujuan mendukung terwujudnya lingkungan serta budaya hidup yang sehat.  “Ada program jum’at bersih yakni seluruh guru dan murid setiap hari jum’at melakukan aktifitas kerja bakti membersihkan lingkungan dan juga jum’at sehat yakni adanya rutinitas aktifitas olah raga” katanya.

Kepala MTs Muhammadiyah Bumirejo Muhammad Abdurrahman menunjukkan piala dan piagam penghargaan setelah meraih peringkat pertama dalam lomba madrasah sehat yg diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Magelang

Madrasah yang berdiri pada tahun 1995 ini senantiasa berusaha menanamkan karakter dan juga budaya hidup yang Islami khususnya yang terkait dengan kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan.

Muhammad Abdurrahman menambahkan bahwa dengan dukungan masyarakat sekitar dan juga komite maka diharapkan setiap program – program yang dijalankan oleh madrasah khusunya dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat dapat berhasil. Pihak madrasah akan terus berusaha melengkapi dan menambah berbagai fasilitas.

Sebelumnya MTs Muhammadiyah Bumirejo juga meraih juara pertama pada lomba madrasah sehat ditingkat eks Kawedanan Muntilan kategori MTs swasta. Kemudian juga juara pertama kategori MTs pada lomba madrasah/ sekolah sehat yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Magelang.

“kami bersyukur atas prestasi ini, tentu hal ini bukan merupakan tujuan akhir, bagi MTs Muhammadiyah Bumirejo ini adalah momentum awal untuk benar-benar mampu mewujudkan lingkungan madrasah yang sehat secara berkelanjutan sekaligus juga pembentukan karakter dan perilaku hidup sehat” kata alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Salah satu anggota Tim Penilai Lomba Madrasah Sehat dari Kementerian Agama Kabupaten Magelang Eko Prasetyo, MSI menyampaikan bahwa dalam lomba tersebut MTs Muhammadiyah Bumirejo meraih total nilai 2125 sebagai juara pertama untuk kategori MTs swasta tingkat kabupaten. Kemudian juara kedua, MTs AL – Huda Mertoyudan dengan nilai 2075, juara ketiga MTs AL – Huda Kaliabu Salaman (1925) dan juara keempat MTs Ma’arif 3 Grabag (1900). Selanjutnya juara lima MTs Muhammadiyah Srumbung (1850) dan keenam MTs AL – Munir Bandongan (1200). (hsn- MPI PDM Kabupaten Magelang)