MoU Stikes Muhammadiyah Pekajangan dengan Khon Kaen University Thailand

0
303

Khon Kaen, Thailand – Setelah sebelumnya terjalin kerjasama antara Ketua STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan Dean Faculty Of Nursing Khon Kaen University (KKU), Thailand,  beberapa waktu yang lalu kerjasama tersebut ditingkatkan melalui penandatanganan MOU antara Ketua STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Mokhamad Arifin, SKp. MKep, dengan President Khon Kaen University Thailand, Assoc Prof. Dr. Kattichai Tritanasirichai. Penanda tangan tersebut dilakukan bersamaan dengan 14 perguruan tinggi lainnya dan disaksikan oleh Duta besar Indonesia untuk Thailand, HE. Lutfi Rauf, dan Atase Pendidikan Indonesia untuk Thailand, Dr. Yunardi.
Sebelumnya, kerjasama yang telah dirintis oleh STIKES Muhammadiyah Pekajangan adalah Student Exchange dengan mengirimkan 6 Mahasiswa Profesi Keperawatan ke KKU Thailand pada bulan Agustus-September 2014 lalu. Selain itu, juga kerjasama peningkatan kualitas akademik Dosen dengan mengirimkan 3 Dosen untuk Tugas belajar di Program Master KKU sejak 2013 lalu. Adapun untuk Joint Research sudah dilakukan beberapa kali pertemuan bersamaan dengan beberapa perguruan tinggi lainnya di Indonesia.
MOU antara STIKES Muhamadiyah Pekajangan dengan Khon Kaen University tersebut diharapkan kerjasama tidak hanya di bidang Keperawatan saja, tetapi dapat berkembang ke bidang-bidang lainnya seiring dengan perkembangan intitusi. Sebagai contoh dalam bidang Farmasi dan Fisioterapi, dimana dua prodi tersebut merupakan prodi baru di STIKES Muhammadiyah Pekajangan.
Penandatangan kerjasama berlangsung di President room KKU Thailand, dan diarahkan pada beberapa aktifitas yaitu : Pertukaran publikasi, informasi dan bahan  penelitian, Pengembangan joint research, Pertukaran mahasiswa dan pertukaran staf akademik.
Kedutaan besar RI untuk Thailand, HE. Lutfi Rauf, dalam sambutannya berharap penandatangan kerjasama tersebut dapat menjadi tonggak yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas perguruan tinggi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas alumni yang dihasilkan sehingga dapat bersaing secara global. (Fakhrudin/stikesmuh-pkj.ac.id)