Mobil Tenaga Surya SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang Mampir di Semarang

0
305

SEMARANG – Mobil tenaga Surya dengan nama Suryawangsa 2 mampir ke kantor Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Jawa Tengah di Semarang, Senin (22/12). Mobil berjenis microbus ini merupakan karya siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Malang, yang sedang melakukan test drive Jakarta – Malang.
Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang, AM. Jumai, SE, MM, mengatakan bahwa mobil tenaga surya tersebut tidak sekedar mampir ke Semarang, tetapi mereka juga memotivasi siswa SMK Muhamadiyah di Semarang agar bisa berkreasi lebih. Oleh karena itu, Jumai mengajak beberapa perwakilan siswa SMK Muhamadiyah 1 dan 2 untuk turut menyambut kedatangan Suryawangsa 2.
Jumai memaparkan bahwa mobil tersebut didesain untuk kendaraan umum, dengan panjang 3,5 meter dan panjang 1,6 meter. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menaiki kendaraan ini.
Jumai berharap dengan adanya mobil ini akan mengurangi konsumsi BBM yang ada, agar tidak tergantung pada bensin, solar dan minyak. Ia menambahkan dari pimpinan Muhammadiyah bahkan ingin  bukan hanya mobil saja bisa menggunakan tenaga surya, tapi juga sepeda motor.
“Sepeda motor, mobil pribadi, kami memang belum puas dengan ini, masih banyak yang harus ditingkatkan, uji emisi, dan memproduksi secara komersil misalnya,” lanjutnya.
Setelah ke Semarang, rombongan mobil bertenaga Surya itu kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Demak dan kemudian akan transit di Surabaya sebelum melanjutkan perjalanan ke Malang. (Rival Amanaf/tribunjateng.com/editor: Fakhrudin)