Tadabur Alam, MI Muhammadiyah Krendetan Ajak Tanam Padi

0
627
MI Muhammadiyah Krendetan Bagelen Purworejo adakan Tadabur Alam yang diikuti oleh siswa kelas 5 sejumlah 18 siswa didampingi pula kepala, guru kelas, pegawai serta petani sekitar, Sabtu (29/10/16).

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Salah satu bentuk pengenalan sejak dini terhadap anak terkait alam sekitar, MI Muhammadiyah Krendetan Bagelen Purworejo adakan Tadabur Alam yang diikuti oleh siswa kelas 5 sejumlah 18 siswa didampingi pula kepala, guru kelas, pegawai serta petani sekitar, Sabtu (29/10/16).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu bercocok tanam padi di area persawahan daerah kauman barat Bagelen Purworejo. Dari sini siswa diperkenalkan berbagai macam profesi yang dapat digeluti dimana telah banyak membantu pemenuhan kebutuhan akan pangan. Selain itu, siswa diperkenalkan dengan bercocok tanam padi secara praktek langsung.

0211-tanam-padi

“Kegiatan bercocok tanam padi ini merupakan salah satu program sekolah yaitu pembelajaran di luar kelas agar siswa dapat lebih dekat dengan alam sekitarnya. Dengannya harapannya siswa dapat menghargai jasa petani selama ini. Juga alam sekitar yang telah memberikan banyak manfaat bagi manusia dengan tidak merusaknya” ujar Indah Purnamaningrum, SH selaku guru kelas yang turut serta mendampingi.

Agenda ini merupakan bentuk kerjasama melibatkan lingkungan sekitar dengan program madrasah dalam kegiatan belajar mengajar. Turut dilibatkan dalam agenda ini seluruh warga sekolah, komite sekolah dan paguyuban masyarakat sekitar.

“Kami sangat mendukung dengan diadakan bercocok tanam bersama ini karena berkaitan dengan program bersama antara kepala madrasah, guru dan wali siswa. Semoga kegiatan serupa dapat diselenggarakan di tahun mendatang” ujar Ichwan, S.Pd.I selaku Kepala MI Muhammadiyah Krendetan Bagelen. (ahmad musdani)