MENUJU HIDUP YANG BERMAKNA

0
1817
sumber: https://milionstars.files.wordpress.com/2014/06/dunia-fana.jpg

Oleh Ustadz Drs. Mulyono

HIDUP yang berma’na : adalah  hidup  yang  bisa membahagiakan diri sendiri  dan  bisa membahagiakan orang lain,   untuk menuju hidup yang berma’na  dalam ajaran Islam  melalui pesan Rosululloh Saw , ada  sembilan  langkah yang harus diperhatikan oleh setiap muslim. Sembilan pesan itu tercantum  dalam hadist berikut :

عن أبى هريرة قال, قال النبى ص. م. أوصانى ربى بتسع أوصيكم بها :   أوصانى بالاحلاص فى السر والعلانية   والعدل فى الرضى والغضب    والقصد فى الغنى والفقر    وأن اعف عمن ظلمنى     واعط من حرمنى    واصل من قطعنى    وأن يكون صمتى فكرا    ونطقى ذكرا    ونظر عبرا      (رواه رزين  )        

Artinya  :Alloh telah mewasiyatkan kepadaku  sembilan perkara  yang ingin kuwasiyatkan kepadamu semua :  Aku diwasiyati  agar supaya ikhlas baik dalam keadaan sembunyi sembunyi maupun terang terangan,    dan  adil baik dalam keadaan suka maupun benci      sederhana baik dalam keadaan kaya maupun Miskin,    untuk menjadi pemaaf sekalipun kepada orang yang medholimiku     untuk menjadi seorang  yang suka memberi terlebih kepada orang  yang tidak pernah memberiku    untuk menjalin tali persaudaraan  terlebih kepada orang yang memutus persaudaraan  denganku    untuk menjadikan waktu diamku berfikir   dan waktu  bicaraku bernilai dzikir   dan menjadikan semua yang kulihat sebagai pelajaran. (HR, Ruzaini ).

Pertama : IKHLAS. Baik dalam keadaan sembunyi maupun terang terangan. Ikhlas artinya: murni, apa adanya, tidak ditambah tambahi .jadi orang ihlas adalah orang yang melakukan sesuatu dengan apa adanya tampa ditambah tambahi maupun dikurangi baik dilihat orang maupun tidak. majunya bukan karena dipuji mundurnya bukan karena dimaki.  Ikhlas merupakan  dasar  utama dalam segala amal perbuatan manusia, karena hanya dengan ikhlas amal perbuatan manusia akan diterima oleh Alloh SWT.

قال الرسول ص.م.  ياايها الناس أحلصوا أعمالكم لله فإن الله لايقبل من الاعمال إلا ماخلص له  

Artinya : Wahai manusia ikhlaskanlah amal perbuatanmu karena Alloh ,sebab  Alloh tidak akan menerima amal perbuatan kecuali yang benar benar ikhlas. (HR, Albazzar )

عن معاذ ابن جبال قال, قال الرسول ص م  أخلص دينك يكفيك العمل القليل ( الحاكم

Artinya :Dari mu’adz bin jabbal berkata , Rosululloh SAW bersabda Ikhlaskan seluruh urusan agamamu  maka amal yang sedikitpun akan menjadi cukup. (  HR, Alhakim )

وقال الرسول.ص.م.   طوبى للمخلصين أولئك مصابيح الهدى تنجلى عنهم كل فتنة الظلماء

Artinya : Rosululloh bersabda ,berbahagialah orang-orang yang ikhlas mereka adalah  lentera petunjuk yang menerangi setiap fitnah kegelapan  ( HR, Baihaqi )

قال الحكماء   رب عمل صغير تعظيمه النية     ورب عمل كبير تصغيره النية

Artinya :Ahli Bijak berkata , berapa banyak amal amal yang kecil menjadi besar lantaran niat .  dan berapa  banyak amal amal yang besar menjadi kecil dikarenakan niat pula .

Kedua. ADIL. Berlaku adil baik dalam keada’an suka maupun benci. adil artinya lurus, seimbang,pertengahan, menempatkan sesuatu pada tempaynya. Jadi sikap adil adalah sikap yang lurus dan seimbang dalam mengambil sebuah keputusan sebagaimana mestinya, kemudian menempatkan sesuatu tadi pada tempatnya. Lawan dari adil adalah dholim, yang berarti aniaya baik pada diri sendiri maupun orang lain, baik yang bersifat tirani kesewemag wenagan, merampas hak orang lain dll.adil merupakan inti dari ajaran islam terutama dalam kehidupan bermasyarakat

                   

Artinya : sesungguhnya  Alloh telah menyuruh kamu berlaku adil dan berbuat kebajikan memberi kepada kaum kerabat  dan Alloh melarang  perbuatan keji  , kemungkaran dan  permusuhan Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (QS, AnNahl :90 )

إعدلوا بين أولادكم كما تحبون أن يعدلوا بينكم  ( السيوطى )

Artinya : Berlakulah adil terhadap anak – anakmu sekalian  sebagaimana kamu diberlakukan adil  diantara mereka . ( Assuyuthi )

Ketiga: SEDERHANA   Baik dalam keada’an kaya maupun Miskin  . artinya : Yen lagi ono ojo koyo-koyoo, yen lagi ora ono sambate ben ora ngaru woro.

             

Artinya  Mereka yang apabila berinfaq tidak berlebih-lebihan dan tidak terlalu pelit  tetapi diantara keduanya  (. QS Al Furqon. 67 )

وعن ابى عبد الله قال ,كنت أصلى مع النبي الصلوات فكانت صلاته قصدا قصدا وخطبته قصدا

Artinya : Dari Abi Abdillah berkata , saya sholat bersama Nabi, adapun sholat beliau  sederhana sederhana  dan hutbah beliau juga sederhana   ( HR  Muslim  )

Keempat , PEMA’AF. Meskipun terhadap orang yang medholiminya. Sikap pemaaf adalah sikap yang sangat mulia, maka orang pemaaf disayangi oleh Alloh dan disayangi oleh sesame.  

عن ابى هريرة قال,  قال النبى ص م  من كا نت عنذه مظلمة لاخيه  من عرضه أومن شيئ فليتحلله اليوم قبل أن لايكون دينارا ولا درهما إن كان له عمل صالح أخذ منه بقدر مظلمته وإن لم يكن له عمل حسنات أخذ من سيئات صاحبه محل عليه (رواه البخارى )

Artinya :Dari Abi huroiroh , berkata Rosululloh bersabda  : barang siapa yang mepunyai  kesalahan terhadap orang lain  baik berbentuk perasa’an maupun perbuatan  maka  hendaklah  segera mengurai  (minta ma’af ) sebelum  tidak lagi berlaku dinar dan dirham (mati ) ( jika telah mati dan belum minta ma’af ) maka akan diambil amal kebaikannya  setimpa dengan kesalahannya, dan jika tidak punya amal kebaikan , maka akan diambilkan kesalahan orang yang didholiminya untuk ditimpakan kepadanya . ( HR Bukhori )

Kelima : PEMURAH.  Suka memberi terlebih kepada orang yang tidak pernah memberinya. Orang bijak berkata: bahagia adalah disaat bisa memberi. Maka disaat kita bisa memberi Alloh akan menurunkan dua kebahagian, yaitu kepada yang memberi dan yang diberi.

وقال النبى ص م .  إرحموا من فى الارض يرحمكم من فى السماء

Artinya : Rosululloh  bersabda Sayangilah   segala yang ada di bumi  maka kamu akan disayangi  oleh yang ada dilangit.

ليس منا من لم يوقر كبيرنا ولم يرحم صغيرنا  ( ابو دوود )

Artinya : bukan dari golonganku orang yang tidak mau menghormati yang lebih tua dan tidak mau menyayangi orang yang lebih kecil.

.

Keenam. MENJALIN SILATURROHMI Terlebih kepada orang yang memutus tali perdaudaaara’an.silaturrohmi merupakan amal yang sangat mulia dalam islam, ia merupakan pembuka rizqi sekaligus sebagai obat panjang umur dan pengikat kekuatan umat.

               

Artinya  :Dan peliharalah hubungan silaturrohmi dan sesungguhnya Alloh selalu menjaga dan mengawasimu.  ( QS. Annisa’:1 )

وقال النبى ص م .  من أراد أن يبسط زرقه ويئثر عمره فليصل رحمه  ( مسلم )

Artinya : barang siapa yang ingin dilapangkan rizqinya dan dipanjangkan umurnya maka bersilaturrohmilah.

إتق ربك وبر والديك وصل رحمك أمد لك فى عمرك وأيسرك فى يسرك وصرف عنك عسرك

Artinya : Bertaqwalah kepada Robmu  dan berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu  dan sambunglah tali silaturrohmimu  pasti kutambahkan umurmu dan kupertambahkan hartamu serta kulenyapkan kesulitanmu.

Ketujuh; ATTAFAQUR  menjadikan waktu diamnya  untuk berfiqir.  Orang yang mendambakan hidup penuh ma’na  adalah  orang yang pandai  pandai menggunakan  aqal fikirannya untuk  menghayati, memahami dan mengagumi  akan kekuasa’an Alloh SWT. Orang bijak mngatakan :

فِكْرَةُ سَاعَةٍ خَيْرٌ مِنْ عِبَادَةِ سِتِّينَ سَنَةً

Berfikir sesaat lebih baik dari pada beribadah 60 tahun

.

                       

Artinya : Orang orang yang mengingat Alloh baik sambil berdiri , duduk  maupun dengan berbaring dan mereka memikirkan tentang pencipta’an langit dan bumi ( seraya berkata ) ya Tuhan kami tidaklah  engkau menciptakan ini dengan sia-sia  maha suci engkau maka peliharalah kami dari siksa  neraka .(  QS Ali imron   191 )

Tadabbur Al-Quran dengan izin Allah SWT. bisa menstabilkan hati. Hati yang guncang bisa menjadi tentram. Hati yang sedih bisa menjadi lapang. Simaklah doa Rasulullah Saw.:

أللهم اجعل القرآن العظيم ربيع قلبى وجلاء حزنى وذهاب همى وغمى

Ya Allah, jadikanlah Al-Qur’an sebagai bulan semi (penyejuk) hatiku, pelepas kesedihan dan kegundahanku.

 Kedelapan: DZIKIR. menjadikan  waktu bicaranya bernilai dzikir artinya setiap pembicaraan apa saja selalu mengingat Alloh. Alloh selalu terlibat dalam segala persoalan hidupnya.Rosululloh pernah ditanya oleh shohabatnya.

أى الجلساء خير ؟  قال من ذكركم الله رؤيته   من زادكم فى العلم منطقه   من ّذكركم بالاخرة  عمله

Artinya : Orang seperti apakah  yang baik dijadikan teman  ? orang yang apabila  dilihat mengingatkan kamu untuk berdzikir,  dan orang yang apabila  berbicara  menambah ilmu bagimu, dan orang yang  apabila beramal selalu mengingatkan akan akhirot

Kesembilan: BELAJAR.  Menjadikan setiap peristiwa yang ia lihat atau yang ia alami sebagai  pelajaran ( Ibroh  ) umat Muhammad adalah umat yang pandai pandai mengambil pelajaran dari setiap peristiwa yang ia saksiakn.

                   

Artinya :dan sesungguhnya  pada binatang ternak itu benar benar terdapat pelajaran  bagi kamukami memberimu minum dari pada  apa yang berada dalam perutnya  berupa susu yang bersih  antara tahi dan darah yang mudah ditelan bagi orang orang yang meminumnya  ( AnNahl  : 66 )

ألنظر إلى المخلوقات العلوية والسفلية على وجه التفكر والاعتبار مأمور به مندوب إليه

Syaikhul Islam mengatakan, “Merenunngkan penciptaan makhluk baik yang di atas maupun yang di bawah, dalam rangka mengambil pelajaran, diperintahkan dan dianjurkan