Mengasah Kepedulian dengan Wakaf Sandal untuk Masjid

0
657

PWMJATENG.COM, SURAKARTA – Sejumlah 61 siswa kelas VI SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengadakan gerakan wakaf sandal untuk masjid di sekitar lingkungan sekolah. Para siswa dibagi menjadi empat kelompok dan didampingi oleh satu pembimbing akademik untuk menyerahkan wakaf tersebut.

Dalam kegiatan ini diwakafkan sejumlah 60 pasang sandal dan dibagi untuk empat masjid, yaitu Masjid Jami’ M. Thohir Yosoroto Purwosari, Masjid Ar Rochili Brengosan Purwosari, Masjid Nurul Iman Kalitan Sriwedari, dan Masjid Sholihin Punggawan, Jumat (20/1).

Kegiatan wakaf sandal untuk masjid ini berasal dari dana infak siswa setiap hari Jumat. Sandal yang diwakafkan berupa sandal jepit dan ada tulisan “milik masjid” untuk mengantisipasi agar sandal tersebut tidak diambil oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Dengan adanya sandal ini diharapkan bisa memudahkan akses wudlu bagi para jamaah masjid sehingga memperlancar rangkaian ibadah salat berjamaah. Selain itu sandal ini bisa memperkecil kemungkinan kaki terpapar najis.

Muhamad Arifin, staf Humas SD Muhammadiyah Program Khusus mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan program bina lingkungan yang dilakukan oleh sekolah. “Wakaf sandal ini merupakan salah satu upaya mewujudkan motto sekolah, yaitu berprestasi, menginspirasi, dan berbagi”, terangnya di sela-sela acara.

Salah satu siswa, Abdiel Faiz Daffa Putra (12) menyampaikan bahwa wakaf sandal untuk masjid ini merupakan ide yang baru bagi mereka karena biasanya wakaf itu berupa Al quran, mukena, atau sarung. “Kegiatan ini melatih kami untuk gemar bersedekah dan peduli terhadap lingkungan sekitar”, tuturnya kepada wartawan. (Muhamad Arifin)