Membatik Gairah Kewirausahaan SMA Muhammadiyah Kutoarjo

0
648
SMA Muhammadiyah Kutoarjo meyelenggarakan “Pelatihan Kewirausahaan” dengan membatik dan packing kemasan, pada (9-10/12/2016) yang bertempat di SMA Muhammadiyah Kutoarjo.

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Mengajarkan dunia kewirausahaan kepada para siswa, siswi dan masyarakat umum, SMA Muhammadiyah Kutoarjo meyelenggarakan “Pelatihan Kewirausahaan” dengan membatik dan packing kemasan, pada (9-10/12/2016) yang bertempat di SMA Muhammadiyah Kutoarjo. Acara ini juga bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dan Pariwisata (Diperindagkopar) Kabupaten Purworejo dengan diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari unsur siswa, alumni, wali murid dan masyarakat umum sekitar.

Tujuan diselenggarakan acara ini seperti yang disampaikan Kepala Sekolah SMA Muhamamadiyah Kutoarjo Sumarmi, S.Pd. adalah sebagai sarana membangun jiwa kewirausahaan dan ketrampilan kepada masing-masing peserta sehingga bisa menambah penghasilan dan perekonomian mereka. Dan juga sekaligus memperkuat rasa cinta terhadap budaya Indonesia khusunya kain batik.”, Ungkapnya.

1312-batik-sma-muhammadiyah-kta

Kegiatan ini disambut baik oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dan Pariwisata (Diperindagkopar) Kabupaten Purworejo, seperti yang disampaikan Kepala Dinasnya Dra. Suhartini, MM. “Kami menyambut baik adanya kegiatan ini karena ketrampilan sangat di butuhkan dalam era globalisasi dan menjadi modal wirausaha. Batik merupakan budaya indonesia  yang pasarnya sudah diakui oleh dunia. Dengan pelatihan batik ini di harapkan di Purworejo akan tumbuhpembatik2 handal yang mampu menambah komuditi daerah, masyarakat Purworejo kedepan jagan hanya sebagai pengguna tetapi bisa menjadi perodusen.”, Ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo Drs. Pudjiono mengucapan terimakasih kepada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dan Pariwisata (Diperindagkopar) Kabupaten Purworejo yang telah memilih SMA Muhammadiyah Kutoarjo sebagai tempat penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan dengan anggaran APBN. Muhammadiyah Purworejo berharap kegiatan ini dapat mendorong umat dan menjadikan Purworejo yang berkemajuan dalam hal ekonominya.”, Ungkapnya.

Beliau juga menambahkan “Dengan peserta yang sangat antusias megikuti acara ini harapannya acara ini ada tindak lanjutnya, terutama pihak Kepala sekolah SMA Muhammadiyah Kutoarjo dan Majelis Ekonimi PDM Purworejo akan terus berupaya akan menindak-lanjuti sehingga akan terwujud kelompok pengarajin batik yang mampu membawa purworejo berkemajuan. SMA Muhammadiyah Kutoarjo adalah satu-satunya sekolah swasta di Kabupaten Purworejo yang sudah dua tahun ini mengembangkan ketrampilan membatik. Batik karya siswa telah banyak diminati masyarakat sekitar terbukti dengam selalu ada pasanan dalam tiap bulannya,” ungkapnya. (akhmad musdani)