Melihat Sekolah Relawan & Sekolah CerDaS di Banyumas

0
592

PWMJATENG.COM, BANYUMAS – Bencana alam yang sering melanda wilayah di Kabupaten Banyumas, menggerakan LPB MDMC mendirikan Sekolah Relawan & Sekolah CerDaS atau Ceria Damai Siaga di Banyumas. Launching Sekolah ini digelar saat Seminar Kesiapsiagaan Bencana di Aula Gedung Dakwah Muhammadiyah Tanjung Jln Gerilya Barat, Sabtu (29/4) kemarin.

Seminar Kesiapsiagaan Bencana, Launching Sekolah Relawan & Sekolah CerDaS ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan menyadarkan perlunya kesiapsiagaan setiap anggota masyarakat trutama guru sebagai pendidik di sekolah dan tokoh masyarakat di Banyumas.

Ketua LPB MDMC Banyumas, Sismanan, S.Pd, M.Pd I mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN).

“Sekolah Cerdas ini sebagai pilot projectnya ditunjuk SDM Pasir Kidul dan SD Kristen 1 Purwokerto. Bahkan dari Kristen minta agar semua guru dari TK – SMA agar diperkenalkan tentang Sekolah CerDaS ini. Program ini dikoordinir oleh LPB MDMC Wilayah Jawa Tengah bekerjasama dengan lazismu dan Peace Generation,” katanya.

Dijelaskan kegiatan yang bertajuk Upaya Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana di Sekolah dan Masyarakat ini diikuti sekitar 70 peserta dengan mendatangkan pemarteri Arif Jamali Muis, M.Pd Wakil Ketua LPB PP Muhammadiyah, Naibul Umam E.S, S.Ag, M.Si Ketua LPB PWM Jateng, dan Eri Cahyono, S.Sos BPBD Kabupaten Banyumas.

“Sekolah Relawan itu terbuka untuk umum. Program satu semester. Biaya Pendaftaran 50 ribu biaya pendidikan 400 ribu dengan metode pembelajaran 60 % praktek dan 40 % teori,” tandasnya. (Tegar Roli A.)