MDTA Al-Kautsar Pacul siap Bangun Akhlak Bangsa

0
705

PWMJATENG.COM, TALANG – Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Kautsar Desa Pacul telah melaksanakan akhirussanah pada Sabtu, (20/05) bertempat di halaman Madrasah.Turut hadir dalam akhirussanah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tegal, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Talang II beserta ortomnya dan seluruh warga Muhammadiyah Cabang Talang II.

Tahun ini MDTA Desa Pacul meluluskan 36 santri. “tahapan demi tahapan harus mereka lalui sehingga menjadikan lulusan yang benar-benar siap menjadi teladan di masyarakat,” ungkap Urip Gunawan selaku kepala Madrasah.

Harapannya anak-anak lanjutnya, yang belum masuk MDTA agar segera memasukkannya ke MDTA sebab, tantangan zaman semakin nyata.

Selaras dengan ketua PCM Talang II Bapak Wakri menyampaikan bahwa Perda Kabupaten Tegal pada tahun 2020 lulusan SD harus memiliki ijazah MDTA sebagai persyaratan masuk ke jenjang SMP. “Maka mengharap seluruh jajaran anggar saling memotivasi anak-anak, saudara, tetangga untuk masuk ke MDTA,” ungkap Wakri.

PDM Kabupaten Tegal Bukhori,S.KM.,M.Kes mengatakan bahwa membangun akhlak bangsa harus memiliki mental yang kuat, integritas harus terjaga. “Muhammadiyah memiliki 3 pilar, yaitu Pendidikan, Kesehatan dan ekonomi,” jelas Bukhori. Pendidikan yang dimaksud lanjutnya, adalah pendidikan agama, yang  harus terus digalakkan.

Bulan suci Ramadhan akan datang beberapa hari lagi maka persiapkan diri untuk meraih keutamaan-keutamaannya. Diakhir bukhori menyampaikan bahwa Bulan suci ramadhan minimal menghasilkan 3P, yaitu Pengendalian, penyucian, dan pembinaan. “Ketiganya ini harus bisa kita raih,” tutupnya. (Riza A. Novanto)