MDMC Wonosobo Gelar Diklat SAR di Gunung Rimba

0
994

PWMJATATENG.COM, Wonosobo – Selesai sudah DIKLAT SAR GUNUNG RIMBA yang diadakan MDMC Jawa Tengah di Gunung Prau 16-20 Agustus 2017. Diklat yang mengambil tema Tiada Gunung Setinggi Mata Kaki itu memberikan makna bahwa anggota MDMC harus mampu dan wajib memiliki skill yang mumpuni saat ditugaskan SAR di pegunungan dengan fisik serta kemampuan yang baik saat turun naik perbukitan.

Satu hari di pos pertama dengan materi Vertikal Rescue serta praktik langsung di ketinggian jurang. “ Ini betul-betul tantangan bagi kami, saya pikir seperti diklat pada umumnya, hanya materi dipapan tulis dan praktek seadanya, ternyata betul-betul menguras tenaga dan pikiran.” Tutur Kiki samudera peserta diklat dari SMA Muhammadiyah Wonosobo.

“ Saya dari berangkat sampai pulang belum ganti celana, hanya ini celana yang nempel di kaki saya. Alhamdulillah cucanya dingin jadi agak sedikit mengurangi keringat dan lengket dikulit” Ia menceritakan saat menyambangi PWMJATENG.COM.

DIKLAT SAR ini diperuntukkan bagi peserta yang sudah bersertifikat tingkat dasar, jadi materi yang diberikan jauh lebih berbobot baik materi maupun teknik membangun mental peserta. Sebagai contoh, mereka diajarkan bagaimana hidup dialam bebas selama lima hari hanya berbekal pisau dan garam saja, harus meneliti mana daun yang bisa dijadikan sayur dan itupun harus dimasak dalam waktu yang terbatas, saat makanpun dengan batasan waktu sehingga rata-rata para peserta hanya mendapatkan tiga suap makan setiap kali waktu makan dengan diiringi irama hitungan push up dan sit up tentunya.

“ Alhamdulillah semua peserta sehat, dan mampu melaksanakan DIKLAT dengan baik dan lancar, tidak ada satupun yang gugur ditengah jalan, Panitia juga sehat sehingga semua berjalan sesuai rencana.”

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya diklat ini, dan mohon maaf atas segala kekurangan yang harapannya bisa diperbaiki pada agenda yang akan datang.” Ketua pelaksana Suparno GAM menyampaikan kepada PWMJATENG.COM. ( Hans-MPI )