Majelis Tarjih Gelar Halaqah Pengembangan HPT di Universitas Muhammadiyah Purworejo

0
299

PURWOREJO – Dalam rangka menyiapkan bahan Musyawarah Nasional (Munas), Majelis Tarjih menggelar Halaqah menggandeng Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai tuan rumah Halaqah, Sabtu (5/10). Halaqah tersebut mengambil tema Pengembangan Himpunan Putusan Tarjih, khususnya yang berkaitan dengan masalah-masalah ibadah.
Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo, Drs. H. Supriyono, M.Pd., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Universitas Muhammadiyah Purworejo selalu terbuka untuk diajak kerjasama menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Persyarikan.
Sementara itu, Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Drs. H. Dahwan, M.Si., menjelaskan bahwa Halaqah Tarjih tidak bertujuan untuk mengambil keputusan, melainkan baru mengumpulkan masukan, ide dan gagasan atas permasalahan yang dibahas. Hasil halaqah akan disusun kembali oleh Majelis adan kemudian akan dibahas dan diambil keputusan pada forum Munas yang akan datang.
Halaqah diikuti oleh 60 lebih peserta yang berasal dari Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, Majelis Tarjih PW Muhammadiyah se-Jawa, Majelis Tarjih PDM se-eks Karesidenan Kedu dan beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Hal-hal yang didiskusikan pada halaqah tersebut antara lain Hadis-hadis daif dalam Fadailul A’mal, Kedudukan Hukum Salat Iftitah sebelum Tarawih, Duduk Tasyahud pada Salat Tarawih, I’tikaf dan Tadarus al-Qur’an pada bulan Ramadan, Salat Idain, serta Qurban dan Permasalahannya. (Fakhrudin/umm.ac.id)