Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah Gelar Tabligh Akbar

0
198

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Selasa 30 Juni 2020, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah Majelis Tabligh mengadakan Tabligh Akbar dalam Rangka Milad Aisyiyah ke 106 dan juga pengumuman lomba video dakwah Mubalighot Aisyiyah se Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dan streaming you tube.

Di masa pandemi covid 19 ini, Aisyiyah sebagai organisasi otonom Muhammadiyah, tidak mau tinggal diam. Kegiatan dakwah sebagai basis kegiatan organisasi harus terus berjalan. Sehingga berdakwah melalui digital dengan menggunakan video dan diunggah di YouTube menjadi salah satu kegiatan dakwah di masa pandemi covid 19. Berdasarkan hal tersebut maka Pimpinan Wilayah Aisyiyah Majelis Tabligh Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan lomba video dakwah mubalighot se Jawa Tengah dengan mengambil tema Dakwah Aisyiyah di masa pandemi covid 19 yang menggembirakan dan mencerahkan umat. Kegiatan lomba ini diikuti oleh 35 kabupaten kota di seluruh wilayah Jawa Tengah. Peserta lomba mengirimkan video dakwah kepada panitia, kemudian dilakukan penilaian dan diunggah di channel YouTube Majelis Tabligh Aisyiyah Jawa Tengah oleh panitia.

Nur Ngazizah ,S.Si.MPd. selaku ketua panitia menyampaikan tujuan diadakannya lomba video dakwah ini adalah meningkatkan kompetensi mubalighot Aisyiyah, sehingga bisa berdakwah secara profesional sesuai dengan kaidah persyarikatan dan menyesuaikan perkembangan jaman. Dan juga menggembirakan dan mencerahkan umat dengan konten konten dakwah digital yang menarik.

Pada pelaksanaan Tabligh Akbar, di sampaikan sambutan sambutan oleh Ketua PWA Majelis Tabligh Jawa Tengah Ibu Dra. Hj. Lintal Muna, M.Ag, Ketua PWA Jawa Tengah Ibu Dr. Ummul Baroroh, Ketua PP Aisyiyah Majelis Tabligh Ibu Hj. Kholifah Syukri. Dalam Sambutanya, ketiga pembicara menyampaikan secara umum bahwa Ruh dari kegiatan Aisyiyah adalah mengaji, sehingga kegiatan dakwah adalah menjadi hal yang sangat urgen untuk terus dilakukan, disesuaikan dengan kondisi dan situasi. Diharapkan semua warga Aisyiyah di semua lini harus menggembirakan dakwah untuk mencerahkan umat ini.

Ustadz H. Tafsir, M.Ag. Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa Aisyiyah sebagai gerakan Perempuan berkemajuan maka selayaknya terus meningkatkan kompetensi dakwahnya sesuai dengan perkembangan jaman. Dakwah tidak hanya berhenti pada media sosial/ digital, tetapi dakwah langsung di tengah masyarakat menjadi contoh, model dan penggerak masyarakat dengan selalu berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunnah maqbullah. Sesuaikan dengan teks dan juga konteks. Itulah paham Islam berkemajuan. Harus selalu diperbaiki atau diubah cara pandangnya sesuai dengan perkembangan jaman.
Sehingga dakwah yang dilakukan itu selalu menggembirakan.

Dalam kegiatan Tabligh Akbar juga disampaikan pengui lomba video dakwah mubalighot oleh koordinator Dewan Juri Ibu Dra. Hj. Sri Gunarsih, S.H.M.Hum , penilaian lomba video meliputi beberapa aspek yaitu aspek isi, pelengkap video serta like pemirsa. Dalam kegiatan lomba video dakwah ini ditetapkan sebagai pemenangnya adalah : Pemenang 1. PDA Banyumas, Pemenang 2. PDA Sukoharjo, Pemenang 3 PDA Temanggung. Harapan 1. PDA Jepara, Harapan 2. PDA Purworejo, Harapan 3 PDA Purbalingga . keputusan juri tidak dapat diganggu gugat, ditetapkan tanggal 30 Juni 2020. Tertanda Dewan Juri : Ibu Dra Hj. Sri Gunarsih, S.H.M.Hum, Ibu Dra Hj.Lintal Muna, M.Ag. dan Ibu Dra. Lauhunnikmah.

Besar harapan panitia bahwa kegiatan lomba video dakwah ini bisa menjadi sarana dakwah digital di masa pandemi covid 19, dakwah yang menggembirakan dan mencerahkan umat. Dan kunjungi channel YouTube Aisyiyah Majelis Tabligh Jawa Tengah untuk melihat tampilan tampilan video dakwah yang menarik dan menggembirakan umat. (*)