Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo dan Nasyiatul Aisyiyah Sosialisasi Remaja Sehat Generasi Hebat

0
1210

PWMJATENG.COM, Purworejo- (10/2/17) Kelompok 20 KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo yang bertempat di Desa Kedunglo Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo mengadakan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Nasyiatul `Aisyiyah Kabupaten Purworejo. agenda dihadiri 66 orang remaja desa yang mana termasuk dalam tingkatan remaja awal memasuki masa pubertas yaitu siswa SD Kelas 5 dan 6 serta siswa SMP kelas 7-9.
Kegiatan Sosialisasi ini guna memberikan pendidikan dan pemahaman terkait Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), kiat-kiat hidup sehat pada usia remaja dan pencegahan pergaulan bebas pada usia remaja. Mengingat saat ini telah meamsuki era teknologi yang bebas, lepas dan tanpa batas dalam menerima arus informasi dari berbagai media terutama gawai dan internet; hal ini menjadi tantangan yang semakin berat ke depan. Oleh karena itu, sebagai civitas akademika Kelompok KKN 20 berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam upaya membangun generasi muslim yang sehat dan hebat ujar Hengky Kusnadi selaku Ketua Pelaksana dari mahasiswa PBSI UMP.

Tim KKN Kelompok 20, Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tim KKN Kelompok 20, Universitas Muhammadiyah Purworejo Bersama Nasyiatul Aisyiyah Purworejo

Dalam pemaparan materinya, Nur Ngazizah, S.Si, M.pd. selaku Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul `Aisyiyah Purworejo menjelaskan terkait dengan ciri-ciri primer dan sekunder pubertas pada pria dan wanita yang mana secara medis masa pubertas merupakan tanda kemampuan seseorang untuk memiliki keturunan. Hal tersebut ditandai dengan kematangan seksual yang diikuti dengan perubahan baik secara fisik maupun psikis. Para remaja tersebut telah memasuki masa pubertas yaitu usia antara 9 16 tahun. Masa pubertas setiap orang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh factor keturunan dan nutrisi dalam tubuh.
Peserta sosialisasi terlihat sangat anstusias dalam mengikuti kegiatan yang juga dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Desa Kedunglo yaitu Bapak Kaum Tupon. Pemerintahan desa Kedunglo mendukung sepenuhnya program-program yang diselenggarakan oleh Kelompok KKN 22.
Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan salah satu yang perwujudan penawaran dimana telah dilaksanakan bersama mahasiswa-mahasiswi KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo. Agenda ini merupakan yang perdana dengan masih ada pada 2 tempat yang berbeda di sekitar Kabupaten Purworejo. Sosialisasi tentang Remaja Sehat Generasi Hebat sebagai tema dari Gerakan Nasyiatul `Aisyiyah yaitu bentuk implementasi dari ramah perempuan dan anak. Alhamdulillaah beberapa kelompok KKN merespon dan dilaksanakan pada desa tujuan. Sinergi ini akan semakin membumikan gerakan Nasyiatul `Aisyiyah serta mewujudkan program divisi kesehatan kelompok KKN. Sinergisitas ini tentunya harapannya berlanjut antara mahasiswa dengan ortom. Sehingga, Purworejo berkemajuan dapat diwujudkan ujar Nur Ngazizah, S.Si., M.Pd. selaku Ketua PDNA Purworejo.
Selain kegiatan tersebut Kelompok KKN 22 juga mengadakan kegiatan berupa Sosialiasasi Demam Berdarah dan Pembagian Abate, Sosialisasi Bank Sampah, Pemberdayaan Tumbuhan Hidroponik, Pembibitan Ikan Lele, Pengorganisasian remaja Masjid dan Lingkungan Desa, kegiatan di bidang pendidikan dan masih banyak kegiatan lainnya. Pada acara puncak yang akan dilaksanakan pada malam perpisahan, Kelompok KKN Desa Kedunglo akan mengadakan Gebyar Seni Budaya yang akan dilaksanakan di Balai Desa Kedunglo. Kegiatan tersebut akan menampilkan semua kesenian yang ada di Desa Kedunglo, kreatifitas warga, pameran kewirausahaan, dan ditutup dengan kegiatan nonton film pendidikan dan bakar jagung bersama. (AM/PWJ)