LPB PDM Kendal Gandeng Empat Majelis/Lembaga dan Ortom untuk Rehabilitasi dan Rekontruksi Korban Bencana Banjir Bandang di Dukuh Kenjuran

0
416
Donny-Halim-Mutiasa-SE-tengah-saat-memaparkan-rencana-rehabilitasi-dan-rekontruksi-pasca-bencana-banjir-bandang-di-dukuh-Kenjuran-Purwosari-Sukorejo-Kendal

PWMJATENG.COM, KENDAL – Melalui rapat koordinasi yang difasilitasi oleh PDM Kendal pada Jum’at (14/4) di aula gedung pusat dakwah Muhammadiyah Kendal, Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) PDM Kendal siap beraksi sebagai bentuk kepedulian penuh kepada warga dukuh Kenjuran, desa Purwosari, Kec. Sukorejo, Kendal akibat banjir bandang 26/2 lalu.

Aksi pasca bencana tersebut akan segera terwujud dengan melibatkan empat Majelis/Lembaga, selain LPB, yaitu Majelis DIKDASMEN, Majelis Lingkungan Hidup (MLH), Lazismu, dan Majelis Peberdayaan Masyarakat (MPM). Adapun Ortom yang akan turut andil adalah PD IPM dan PDPM Kendal. Oleh karena itu LPB/MDMC Kendal telah melakukan assessment, pengalian informasi pasca bencana.

“ Terdapat empat program yang akan kami laksanakan pasca banjir bandang di Kenjuran, yaitu perbaikan lingkungan daerah bencana, perbaikan sarana dan prasaran umum, pemberian bantuan perbaikan rumah warga terkena bencana, dan pemulihan sosial, ekonomi dan budaya “ kata Donny Halim Mutiasa, SE, koordinator rehabilitasi dan rekontruksi korban bencana Kenjuran di hadapan peserta rapat koordinasi. Beliau berharap keempat hal tersebut dapat dilaksanakan dengan pembagian tugas oleh setiap jenis pekerjaan oleh masing – masing majelis atau lembaga.

Sebelumnya, ketua LPB PDM Kendal, Moch. Hafiedz, AMd menyampaikan respon LPB/MDM terhadap bencana banjir bandang.

“ Kami menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang terdiri tim evakuasi, dapur umum, dan relawan umum “ kata Hafiedz. Menurut beliau, peralatan dan bahan yang diterjunkan ke lokasi bencana antara lain, mobil Lazismu 3 unit, mobil pic up 1 unit, 1 set peralatan dapur umum, peralatan kebersihan, dan logistik bahan makanan. Ditambahkan, tim MDMC melakukan tugas pendataan korban langsung maupun yang terdampak tidak langsung, menyediakan makanan siap saji untuk pengungsi dan relawan, pemeriksaan kesehatan, serta melakukan kerja bakti kebersihan lokasi terdampak bersama warga komunitas relawan lainnya.

Aksi rehabilitasi dan rekontruksi terhadap warga Kenjuran akibat banjir bandang harus segera dilakukan. Teknis operasional. kerja sama lintas majelis/lembaga, ortom, dan PCM Sukorejo dapat segera digelar. (A.Ghofur/MPI Kendal)