LPB Muhammadiyah Kabupaten Magelang Gelar Cek Kesehatan bagi Masyarakat Korban Banjir di Grabag

0
660

  PWMJATENG.COM, MAGELANG –  Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) melakukan cek kesehatan bagi warga masyarakat yang menjadi korban bencana banjir bandang di Desa Citrosono dan Desa Sambungrejo Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Cek kesehatan dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan medis dalam rangka mengetahui kondisi kesehatan warga yang terdampak bencana. Kondisi kesehatan masyarakat yang terdampak bencana perlu mendapatkan perhatian sehingga penting untuk dilakukan pemantauan secara rutin. Demikian disampaikan Sekretaris LPB Muhammadiyah Kabupaten Magelang Anang Arfianto, SE ketika ditemui pada saat pelaksanaan cek kesehatan pada Kamis (04/05/2017).

“Mengingat kondisi daya tahan tubuh warga masyarakat yang cenderung menurun karena kelelahan secara fisik dan psikologis akibat terdampak bencana maka diperlukan pemantauan kesehatan secara rutin “ katanya.

Tim kesehatan berasal dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang, Rumah Sakit ‘Aisyiyah (RSA) Muntilan dan RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Cek kesehatan sangat penting untuk dilakukan karena sebagai salah satu bahan untuk menentukan langkah-langkah dalam membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana khususnya terkait jenis obat-obatan dan logistik lain yang dibutuhkan. Dengan identifikasi terkait kondisi kesehatan warga masyarakat terdampak maka bantuan yang disampaikan bisa tepat sasaran karena sesuai dengan yang dibutuhkan.

Menurut Salah satu petugas kesehatan, Marlina Arny Widowati, cek kesehatan yang dilakukan meliputi tekanan darah dan penanganan luka ringan. Setelah dilakukan pengecekan kemudian diberikan obat – obatan yang diperlukan. Masyarakat yang yang terkena dampak bencana diharapkan senantiasa menjaga kesehatan dengan cara istirahat yang cukup serta makan dan minum yang teratur.

Anang Arfianto menambahkan, bahwa Tim dari LPB Muhammadiyah/ MDMC Pusat dan Provinsi Jawa Tengah juga sudah datang untuk membantu proses mitigasi bencana. LPB Muhammadiyah telah mendirikan Posko Tanggap Bencana sebagai pusat koordinasi para relawan serta tempat untuk meletakkan bantuan logistik sebelum didistribusikan ke warga yang membutuhkan. “ Dalam pengumpulan dan penyaluran bantuan kami juga bekerjasama dengan Lembaga Zakat Infaq dan Sodaqoh Muhammadiyah (LazisMu)” tambahnya. (MPI PDM Kabupaten Magelang)