Literacy Camp Sebagai Spirit Jihad Keilmuwan

0
323
Ilustrasi - repro IGI

PWMJATENG.COM, PURWOKERTO – Bidang Riset Pengembangan Keilmuwan (RPK) Komisariat Ibrahim IMM Ahmad Dahlan IAIN Purwokerto adakan Literacy Camp di Rumah Hibah Muhammadiyah Baturaden, Ahad (6/5/2018).

Acara yang dikemas dengan nuansa kekeluargaan komisariat sangat kental tidak dengan sejumlah peserta yang kurang lebih 35 orang. Berlangsung selama tiga hari dari tanggal 04 Mei – 06 Mei 2018.  Tujuannya adalah merevitalisasi gerakan literasi yakni berupa membaca dan kemudian dilanjutkan pembuatan karya dengan menulis

Hadir dalam pembukaan sekaligus penutupan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Banyumas, Dimas Rahman R. mengungkapkan bahwa kegiatan semacam literasi ini adalah penting untuk kader.

“Jangan tidur sebelum membaca, jangan mati sebelum berkarya”. Ungkap IMMawan Heri Bayu Dwi P. dalam salah satu Focus Group Discussion. Bahwa kita dituntut menciptakan budaya literasi khususnya dikalangan kader.

Dalam kegiatan ini kader dituntut untuk membaca buku mengenai Muhammadiyah maupun mengenai ke-IMMan yang kemudian dilanjutkan dengan menuliskan sebuah gagasan lalu dituangkan dalam sebuah karya, baik berupa karya ilmiah maupun populer. Karena tuntutan zaman,  yang memaksa gerakan kemahasiswaan khususnya IMM untuk memahami sekitar dengan berliterasi serta berdedikasi tinggi untuk umat.

Besar harapan bagi Pimpinan Komisariat Ibrahim, terkhusus bidang RPK IMMawan Ryan Nurdiana untuk bisa menularkan semangat jihad masyarakat yang berilmu dengan budaya literasi. Serta membenarakan pemahaman literasi, bahwa literasi bukan hanya membaca, tetapi bisa mengungkapkan sebuah gagasan berupa inovasi untuk kemajuan ikatan dan masyarakat. (NIA)