Lazismu Muhammadiyah Karanganyar dan Semarang Selatan Buka Donasi Peduli Rohingya

0
824

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Bencana kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya di negara Burma telah mengetuk kepedulian sebagian besar umat manusia khsusunya sesama warga muslim. Tidak terkecuali Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karanganyar melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Ahadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kantor Layanan Karanganyar ikut peduli dengan meluncurkan program “ Jemput Donasi Peduli Rohingya” yang mulai diluncurkan Selasa (05/09) tepat pukul 00.00 WIB.

Dihubungi melalui jaringan telepon, ketua Lazimu PDM Karanganyar Munfarid mengatakan jika program yang duluncurkan Muhammadiyah Karanganyar melalui lembaga yang dipimpinnya ini sebagai tindak lanjut intruksi dari Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Selain ada intruksi dari lazismu pusat juga ada instruksi secara langsung dari PDM melalui Sekretaris pada malam takbiran Idul Adha yang lalu. Baru secara resmi secara kelembagaan instruksi itu kita tindaklanjuti dengan membuat program tersebut” kata Munfarid yang juga Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar ini.

Munfarid menambahkan terkait baru diluncurkannya program Jemput Donasi Peduli Rohingya saat ini karena alasan timing (waktu) yang tepat saja. “Kebetulan saat menerima instruksi itu masih dalam suasana Idul Adha dan tadi malam rangkaian terkait hari tasyrik suadah selesai, bukan bermaksud menunda-nunda perbuatan baik tetapi kami ingin focus dalam melaksanakan kegiatan karena terkait Idul Adha kami juga sudah ada kegiatan. Saat itu personalia lazismu dimasing-masing kantor layanan masih banyak kesibukan, mudah-mudahan ini waktunya tepat semua bisa focus dalam penggalangan dana. Semua kantor layanan Lazimu bergerak, semua warga Muhammadiyah ikut bergerak” tambah Munfarid.

Menurut Aan Shopuannudiin sekretaris Lazismu PDM Karanganyar terkait teknis pengumpulan donasi adalah dengan melakukan jemput bola istilihanya, “kita melakukan penjemputan donasi baik menawarkan melalui rekening penampungan donasi di Bank Jateng Syariah maupun melalui kesanggupan melalui japri (jawab pribadi, Red.) melalui WA, Telepon maupun group-group WA atas kesanggupan tersebut kita lakukan penjemputan donasi oleh petugas. Sedangkan untuk kantor-kantor cabang layanan Lazismu melakukan hal serupa di wilayahnya masing-masing selanjutnya diserahkan ke Lazismu PDM” kata kandidat doctor psikology pendidikan ini.

Sedangkan Bendahara Lazismu PDM Karanganyar, Ahmad Zaky Mustofa sebagai penanggung jawab pengumpulan donasi dan penyerahan ke kantor pusat mengatakan jika ini bukan kegiatan yang pertama. “Lazimu Karanganyar sebelum ini pada saat terjadi tragedi kemanusiaan saudara-saudara kita di Rohingya Burma pada bulan Februari 2017 yang lalu juga sudah melakukan pengumpulan donasi, pada saat itu kit bisa mengumpulkan sumbangan 33 juta dan sudah kita tasyarufkan melalui Pimpinan Pusat. Harapannya kepedulian warga Muhammadiyah di Karanganyar melalui donasi ini bisa bermanfaat mengurangi beban penderitaan mereka yang belum jelas sampai kapan berakhir. Semoga jeput donasi untk Rohingya kali ini bisa mendapatkan bantuan secara materi lebih banyak dari sebelumnya” harap Zaky.

Sementara itu, Lazismu Semarang Selatan Kota Semarang Jawa Tengah Indonesia, membuka donasi untuk Rohingya di Nomor Rekening : 7109469739 KCP BSM Mt Haryono
an. lazismu Semarang selatan.

“Kemudian dengan jejaring yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan melalui koordinasi untuk penyaluran dengan Lazismu Nasional (tingkat Pusat ), PP Muhammadiyah
, dan Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) PP Muhammadiyah yang berada di lokasi konflikm” kata H. AM Jumai dan H Slamet Widodo sebagai Penanggungjawab PCM Semarang Selatan.

kontak person :
Ust. Eko Mustofa Atmaji 081226822093
Ust. Prio Nugroho 081225000686
H.Yuli Purnomo .SH.M.Kes 08122886242
Ust.Suharno 085727350185
H.AM.Jumai 081222599475.

(MPI PDM Kra – JOe).