Launching, Silaturahmi, Pembekalan Raker Paralegal LBH Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah

0
428

SEMARANG – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, bertempat di Universitas Muhammadiyah Semarang menyelenggarakan “Launching, Silaturahmi, Pembekalan Raker Paralegal LBH Pemuda Muhammadiyah PD PM Se-Jawa Tengah”. Kegiatan tersebut mensosialisasikan ke Paralegal Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Se-Jawa Tengah tentang Logo LBH, Papan Nama LBH, serta Buku Panduan Bantuan Hukum Perkara Pidana yang dibuat oleh LBH Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah, forum Silaturahim dan Pembekalan eksistensi Paralegal sebagai jaringan hukum dan biro hukum di Daerah – Daerah.
Kegiatan tersebut banyak yang apresiasi positif serta memberikan aspirasi soal – soal perkembangan kasus – kasus hukum di daerah – daerah. Dari kegiatan tersebut, muncul rekomendasi yakni melakukan mapping kasus, analisa kasus, pendapat hukum, pembangunan keorganisasian, pendidikan dan pembekalan paralegal hukum, kajian kasus, problem solving, memberikan pemahaman tentang hukum agar sadar hukum, melek hukum, serta punya cita – cita besar membangun negara hukum yang modern berbasis nilai “baldatun toyibatun warobbun gofur”, “ijo royo – royo toto tentrem kerto raharjo”, lewat gerakan bantuan hukum dan advokasi yang dimiliki oleh LBH Pemuda Muhamamdiyah Jawa Tengah.
LBH Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah dengan slogan “Adil dan Mencerahkan” memiliki makna dan filosofis serta ideologis yang tinggi, LBH Pemuda Muhammadiyah yang di kukuhkan dalam Surat Keputusan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Nomor : 1.5/446/1437 di Jakarta, bahwa Pelantikan Pengurus LBH Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah yang dilakukan di Aula Dzasman Al Kindi UMS pada tanggal 15 November 2015, dengan bukti secara de Fakto dan de Yure sudah kuat sebagai kedudukan LBH Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah maka PWPM Jawa Tengah dalam bidang kerja – kerja hukum dan advokasi menjadi branding tersendiri dikalangan strategi dakwah hukum dan advokasi di wilayah provinsi Jawa Tengah yang banyak menghadapi konflik/sengketa/kasus hukum.
LBH Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah hadir untuk membantu bersama – sama rakyat, umat, persyarikatan muhammadiyah Jawa Tengah untuk menjadi ujung tombak gerakan bantuan hukum dan advokasi, LBH Pemuda Muhamamdiyah Jawa Tengah hadir sebagai antitesis atas kerja hukum mainstream yang terjadi saat ini dengan fenomena, seperti : praktek mafia peradilan, mafia kasus, pembodohan kepada rakyat, rekayasa pasal, rekayasa alat bukti, pemberian nasihat hukum yang menyesatkan, penindasan baik pelaku dan korban, suap menyuap, rekayasa kasus, tidak transparan, tidak akuntabel, tidak mencerahkan, tidak bermoral, kerja hukum bagaikan tukang dan menghalalkan segala cara.
Struktur LBH Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah antara lain sebagai berikut:
Pelindung: Dahnil Anzar Simanjuntak, S.E. (Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah), Syaharudin Alrif, S.IP. (Sekjend PP Pemuda Muhammadiyah)
Penanggungjawab: Zainudin Ahpandi, S.E. (Ketua PW PM Jawa Tengah), Cucu Suryanto, S.E. (Kabid Hukum dan HAM PWPM Jawa Tengah)
Dewan Penasehat: Dr. Kadi Sukarna, S.H., M.Hum., Dr. Widhi Handoko, S.H., Dr. Saerozi, M.Ag., Dr. Aidul Fitriciada Azhari, S.H., M.Hum.
Dewan Pakar: Prof. Dr. Khudzaifah Dimyati, S.H., M.Hum., Prof. Dr. Absari, S.H., M.Hum., Prof. Dr. Masruki, M.Pd.
Direktur: Naya Amin Zaini, S.H., M.H.
Sekretaris: Gunarto Nanang Prabowo, S.H.
Bendahara: Ricky Setiawan, S.H.
Bidang Litigasi dan Non Litigasi: Anggoro Yukhaniawan, S.H., Sugiono, S.H.
Bidang Legal Opinion, Legal Audit, Litbang dan Humas: Waskito, S.H., Faqih Normansyah, S.I.Kom.
Bidang Paralegal, Volunteer, Kader Hukum dan HAM: Danang Prakoso Utomo, S.H., Muhammad Effendi, S.Psi, Para Ketua Bidang Hukum PDPM Se-Jawa Tengah
Pembela Umum: Naya Amin Zaini, S.H., M.H., Anggoro Yukhaniawan, S.H., Waskito, S.H., Sugiono, S.H., Gunarto Nanang Prabowo, S.H., Ricky Setiawan, S.H., Danang Prakoso Utomo, S.H. (Naya Amin Zaini/editor: Fakhrudin PWM Jateng)