Latih “Public Speaking”, Siswa SD ‘Aisyiyah Slawi Kultum di Masjid

0
87
Siswa SD 'Aisyiyah Slawi Sedang Menyampaikan Kultum

PWMJATENG.COM ,SLAWI – Selain membaca dan menulis, kemampuan komunikasi sangat penting dipupuk sejak dini. Khususnya berbicara di depan umum atau public speaking. Kecakapan komunikasi yang baik memengaruhi keberhasilan pelajar pada masa depan.

Untuk itu pada Selasa (15/10), bertempat di masjid Ghusun, SD Aisyiyah Slawi Latih siswa siswi public speaking dengan mengadakan program kultum ba’da Dhuhur.

Wahyudi Selaku kepala SD Aisyiyah Slawi menuturkan bahwa modal utama umat Islam dalam berdakwah adalah bagaimana generasi muslim dibekali sedini mungkin tentang public speaking. “Beragam cara yang dilakukan untuk belajar public speaking, bisa di dalam atau luar kelas. Salah satunya melalui Kultum,” tutur Wahyudi.

Lebih lanjut Wahyudi mengatakan bahwa menurut beliau siswa siswi setiap hari sudah dilatih public speaking dalam kelas misalnya menyampaikan pendapat, diskusi, dll. “Untuk itu kami memanfaatkan masjid sekolah untuk melatih siswa sehingga siswa juga punya keberanian di luar kelas,” paparnya.

Sementara itu Ustadzah Zahroh selaku guru pembina Al Islam menuturkan meski siswa siswi menyampaikannya masih terbatas namun kami sangat senang karena siswa berani berbicara di ruang terbuka.

Fahri Javier siswa kelas 4 yang mendapatkan tugas kultum menyampaikan ini merupakan pengalaman pertama kalinya kultum, dirinya mengaku grogi sebelum tampil namun Alhamdulillah dirinya dapat menjalankan tugas kultum sampai selesai. “Alhamdulillah awalnya saya grogi namun setelah dijalankan sampai selesai saya bisa, semoga nantinya kalau terjadwal kembali untuk Kultum bisa lebih baik lagi,” katanya. (Ranov)