Lahirkan Generasi Gemar Menulis Melalui Pelatihan Jurnalistik

0
892
Pelatihan Jurnalistik Pelajar

PWMJATENG.COM, BANJARNEGARA – Menjadi Generasi Gemar Menulis, itulah slogan yang diangkat pada Pelatihan Jurnalistik Pelajar yang dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Banjarnegara pada hari Selasa sampai dengan Kamis (27-29/12/2016) bertempat di gedung Dakwah Muhammadiyah Banjarnegara.

Pelatihan yang dikelola oleh tim fasilitator dari majalah Kuntum PP IPM ini diikuti oleh 44 orang peserta baik dari sekolah Muhammadiyah maupun dari sekolah negeri. Beberapa materi yang diajarkan antara lain adalah teknik menulis berita, feature, artikel, bahasa, dan foto jurnalistik serta pengelolaan media sekolah.

Pelatihan ini merupakan program kerja bidang Pengembangan Ilmu Pengetahuan PD IPM Banjarnegara yang bertujuan untuk meningkatkan budaya baca tulis di kalangan pelajar. Selain untuk meningkatkan budaya baca dan tulis, pelatihan ini juga diarahkan agar pelajar mampu menuangkan karya tulisannya ke media, baik itu media sekolah, media cetak, maupun media online yang saat ini sangat mudah diakses oleh semua orang.

“Kami punya harapan besar nantinya pelajar khususnya di Banjarnegara dapat mempunyai media yang dapat digunakan sebagai sarana untuk berbagi karya tulisnya. Maka pelatihan ini harapannya menjadi awal untuk mewjudkan cita-cita tersebut”, ungkap panitia pelatihan, Firmansyah.

Sementara itu tim fasilitator dari majalah Kuntum, Riza, memberikan pesan kepada para peserta untuk senantiasa istiqomah dalam menulis, dan tentunya budaya menulis tidak bisa dilepaskan dari budaya iqro’, maka dari itu kedua hal tersebut yakni membaca dan menulis harus berjalan secara seimbang.

Salah satu peserta pelatihan jurnalistik, Reni, saat diwawancara mengatakan bahwa pelatihan ini sangat berkesan, banyak ilmu yang didapatkan, banyak saudara, dan tentunya motivasi untuk senantiasa belajar menulis semakin meningkat. Dia berharap pelatihan tidak terhenti sampai di sini, harus ada tindak lanjut hingga lahir jurnalis-jurnalis pelajar yang profesional dan dapat memberikan manfaat terhadap sesama melalui karyanya. (fit)