Kontributor TVMu Brebes Lukman Juara Lomba Jurnalis Lawan Korupsi

0
448

PWMJATENG.COM, BREBES – Kontributor TV Muhammadiyah (tvMu) Brebes Lukmanul Hakim menjadi pemenang juara ketiga lomba jurnalistik tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia.

Lomba yang digelar KPK RI bertema “Cegah Korupsi, Hak Rakyat Kembali” mengumumkan pemenangnya melalui laman https://www.kpk.go.id yang dipublikasi Senin, 2 Desember 2019.

Salah satu persyaratan lomba yakni karya jurnalistik yang sudah pernah dipublikasikan di media massa maupun media elektronik dalam kurun waktu 1 September 2018-30 September 2019.

Tiga tim juri yang menilai lomba tersebut yakni Ketua AJI Indonesia Abdul Manan, Juru Bicara KPK Febri Diansyah dan Penulis Novel Okky Madasari.

Setelah dinilai tim juri, karya jurnalistik Lukmanul Hakim yang berjudul “Dialog Nasional Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia” masuk sebagai tiga pemenang kategori jurnalis profesional untuk media Video.

Jurnalis TVMu Lukmanul Hakim yang juga Anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) hadir pada acara serah terima hadiah dan pengumuman peringkat pemenang di Gedung KPK pada tanggal 6 Desember 2019 dan mendapatkan juara tiga.

“Saya berterima kasih kepada tim TVMu yang sudah membimbing saya sehingga bisa menjadi salah satu pemenang lomba ini. Bagi saya ini sangat membanggakan karena tvMu harus bersaing dengan media lokal maupun nasional di seluruh Indonesia,” tutur Lukman.

Lukman juga berterima kasih kepada komunitas Celoteh Brebes Membangun yang telah membentuknya menjadi jurnalis warga sejak tahun 2015 dan bimbingan langsung dari wartawan senior di Brebes dalam acara pelatihan jurnalis warga yang digelar Bappeda Brebes dan UNICEF pada tahun 2015 dan 2016.

“ Sedangkan keaktifan saya menjadi kontributor TVMu berawal dari kegiatan temu warganet Muhammadiyah yang dilaksanakan di Jogja, bertemu dengan jurnalis Muhammadiyah Jawa Tengah yang aktif menulis di pwmjateng.com dan juga menjadi kontributor TVMu,” katanya.

Dengan bimbingan jurnalis senior tvMu , lanjut Lukman,dan juga dukungan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Brebes serta Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Brebes, akhirnya mulai aktif mengirimkan berita di TV Muhammadiyah (tvMu).

Hal senada disampaikan Direktur Program TVMu Brillianto mengaku bangga dengan prestasi yang telah diraih kontributor TvMu Brebes Lukmanul Hakim.

“Saya turut bangga, karena TVMu mampu bersaing dengan media mainstream lainnya. Semoga ini menjadi penyemangat para kontributor untuk terus aktif mengirimkan berita terbarunya di TVMu,” pintanya.

Lukman sendiri saat ini juga aktif di Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Brebes sebagai ketua bidang Komunikasi dan Informasi.

Dirinya juga pernah menjadi koordinator Jurnalis Warga Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) untuk Kabupaten Pemalang tepatnya di Desa Kuta dan Sikasur Kecamatan Belik. (*)