Kokam Lakukan Pengamanan Tamu VIP Musywil Muhammadiyah Jateng

0
445

KUDUS – Sebanyak 24 anggota Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) yang sebelumnya telah dipilih dari berbagai kesatuan yang ada di Kabupaten Kudus, mengikuti pelatihan selama tiga hari di bawah bimbingan Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 923/Gondo Wingit Universitas Muria Kudus (UMK). Pelatihan yang dilaksanakan Senin–Rabu (14-16/12) tersebut, peserta dibekali dengan berbagai kemampuan antara lain mengenai wawasan mengenai ke-provost-an, Lalu Lintas (Lantas), Patrol dan Pengawalan (Patwal), dan Cara Memberikan Instruksi (CMI).

Komandan Kokam Kabupaten Kudus, Nor Khabibi, mengatakan tidak sekadar menyampaikan materi dalam ruangan saja, melainkan pelatihan tersebut juga dilengkapi dengan praktek langsung di lapangan, khususnya dalam hal pengamanan dan pengendalian lalu lintas. ‘’Peserta mengikuti long march dengan menempuh jarak sepanjang 20 km. Di sela-sela long march, peserta juga melakukan praktik CMI,’’ tutur Nor Khabibi, Rabu (16/12).

Hal senada disampaikan Satriyo Yudho, tim instruktur Kokam, Cholid, komandan Menwa, dan Azwar Anar, wakil komandan Menwa, mengatakan bahwa pelatihan di Menwa tersebut adalah upaya menyeleksi anggota Kokam yang nantinya akan diperbantukan untuk pengamanan tamu-tamu VIP pada Musyawarah Muhammadiyah (Musywil) Jawa Tengah yang akan berlangsung pada 18-20 Desember. ‘’Setelah mengikuti pelatihan di Menwa UMK tersebut, akan diseleksi lagi di tingkat internal, khususnya wawasan hasil pelatihan dan yang terpilih akan ditugaskan membantu pengamanan tamu VIP dalam Musywil,’’ lanjut Khabibi.

Menwa Universitas Muria Kudus ditunjuk sebagai mitra untuk melatih anggota Kokam karena faktor kedekatan dan tak sedikit alumni UMK yang menjadi senior di Kokam. ‘’Ada juga senior yang alumni Menwa, seperti Satriyo Yudho dan Didik Kusnanto,’’ terang Khabibi. (Eros-Portal/umk.ac.id/editor: Fakhrudin PWM Jateng)