KOKAM Jepara Gelar Diklatsar Sambut Sumpah Pemuda

0
182

PWMJATENG.COM, Jepara – Jelang Sumpah Pemuda, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Jepara mengadakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar).

Diklatsar ini digelar oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Jepara (PDPM) Jepara sebagai langkah kaderisasi dan mengasah kemampuan Pemuda Muhammadiyah Jepara.

Acara ini diikuti 32 peserta bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Donorojo (26-27/10). Diklatsar kali ini menghadirkan 4 instruktur KOKAM Jawa Tengah dan 1 pemateri dari KODIM Jepara.

Ditemui dalam acara tersebut, Basor Achirudin, Komandan KOKAM Jepara menjelaskan diklatsar tahun ini menjadi ajang menyulut semangat sumpah pemuda dengan pendidikan nyata bela Negara dan bela Agama. “Kader KOKAM harus militan dan terlatih sehingga mampu menangani masalah-masalah publik” katanya.

Hadirnya KOKAM menjadi bagian pendukung pergerakan Muhammadiyah dalam berbagai macam kiprahnya.

Diklatsar KOKAM Jepara menempa pesertanya dengan rangkaian materi baik di dalam ruang maupun luar. Materi wawasan kebangsaan dan kemuhammadiyahan menjadi pondasi gerak KOKAM sebagai kader bangsa dan persyarikatan. Sementara pelatihan luar ruang diantaranya bela diri dasar, simulasi pengamanan, dan ketrampilan fisik dijalani dalam satu perjalanan susur alam.

“Peserta digembleng dengan panjat tebing dan halang rintang berlumpur, cara ini untuk menjadikan KOKAM memiliki mental kuat” kata Budiyono, Instruktur KOKAM PWPM Jawa Tengah.

Setelah berhasil mengikuti berbagai latihan yang ada, peserta diberikan seragam KOKAM sebagai penyematan anggota secara resmi. (Muhammad Arief)