KODIM 0715 Kendal; Rasa Cinta Tanah Air Harus Selalu Ditanamkan

0
434
Kodim 0715 Kendal, Letkol Hendro Edi Busono saat menjadi inspektur upacara pada kegiatan pendidikan karakter kebangsaan dan nasionalisme bagi siswa baru SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal.

PWMJATENG.COM, KENDAL – Mencintai tanah air adalah sebuah kebanggan bagi setiap warga Indonesia, maka cinta tanah air harus selalu ditanamkan agar keberadaan dan kemajuan bangsa Indonesia dapat tercapat.

Demikian dikatakan Komandan Daerah Distrik Militer (KODIM) 0715 Kendal, Letkol Hendro Edi Busono saat menyampaikan amanatnya pada pembukaan pendidikan karakter kebangsaan dan nasionalisme SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal, Sabtu (22/7) lalu.

Menurut Hendro, bangsa Indonesia dapat mencapai pembangunan apabila setiap warga  Indonesia, termasuk pelajar turut serta melalui berbagai kegiatan sesuai bidang masing – masing.

“ Keikutsertaan dalam pembangunan nasional bagi pelajar adalah rajin belajar, hindari perbuatan tidak terpuji, tumbuh kembangkan jiwa persatuan dan kesatuan bangsa dan jangan pernah putus asa dalam meraih cita – cita, “ katanya.

Ditambahkan, cinta tanah air harus ditanamkan kepada anak sejak dini, agar dapat menjadi manusia yang menghargai bangsa dan negaranya.

Di hadapan 578 siswa kelas X beliau berpesan agar seluruh siswa meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan, mengembangkan wawasan kebangsaan, meningkatkan semangat kebangsaan, dan menghayati butir – butir kebangsaan.

“ Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan berfikir, bersikap dan bertindak. Tumbuh kembangkan terus tentang wawasan kebangsaan sebagai alat pemersatu bangsa dalam kehidupan sehari – hari, tingkatkan terus semangat kebangsaan dalam kehidupan, dan hayati, pahami secara benar butir – butir dalam wawasan kebangsaan,“ paparnya.

Kegiatan tersebut bersifat rutin dan berlangsung dari tanggal 22 – 28/7 dengan melibatkan narasumber dari Dandim Kendal dan Koramil Weleri.

“ Pendidikan karakter ini bersifat rutin, sejak 4 tahun lalu “ kata kepala sekolah, H. Yusuf Darmawan, S.Pd, M.Pd, Dip.Kmd.

“ Ini sebagai bentuk kerjasama yang telah terbangun dengan baik, dan kami menginginkan anak – anak memiliki jiwa disiplin “

“ Kami berharap kegiatan ini memiliki dampak positif dengan disiplin bagi setiap siswa dan memiliki kepedulian sesama “  kata ketua panitia, Hendy Feriyanto, ST, Dip.Kmd ketika ditemui pwmjateng.com di sela – selakegiatan.

Menurut beliau, kegiatan pendidikan karakter sebagai pembekalan awal bagi setiap siswa baru sebelum mengikuti pembelajaran di sekolahan. Selama enam hari peserta menerima materi tentang wawasan kebangsaan, bela Negara, outbond, dan pengembangan bakat. (A.Ghofur)