Keren, Afsar Tambawang Hasilkan Pesawat Selama Masa Pandemi

0
107
Muhammad Afsar Tambawang bersama Kepala Sekolah Sutomo, M.Ag saat menunjukkan hasil karya pesawat terbang kepada Walikota Salatiga Yuliyanto, S.E., M.M

PWMJATENG.COM, SALATIGA – Selama wabah Covid-19 masih berlangsung dan belum ada tanda-tanda mereda, seluruh aktivitas umumnya dilakukan di rumah melalui sistem dalam jaringan (daring). Tak terkecuali pendidikan yang ikut terkena dampak wabah Covid-19. Hal ini tidak menyurutkan semangat belajar siswa siswi SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tak terkecuali Muhammad Afsar Tambawang.

Siswa kelas IX Syafii ini berhasil menyelesaikan project pesawat terbang bersama pembimbing Endra Gunawan selama dua bulan. Ia membuat project tersebut di rumah dengan bimbingan secara daring. Berbahan dasar polifoam yang dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai pesawat terbang, hasil karya tersebut dapat dikendalikan dengan remote control. Tidak hanya dapat dilihat pesawat dengan ukuran 70 cm tersebut dapat diterbangkan dengan dikendalikan menggunakan remote control yang telah diintegrasikan dengan pesawat tersebut. Pesawat tersebut mampu terbang selama 7 menit dengan ketinggian mencapai 100 meter.

Siswa peraih juara robotika Nasional tersbut menyampaikan, “project ini saya usulkan kepada sekolah dan ditanggapi oleh pembimbing saya dan alhamdulillah jadilah pesawat ini,” ungkapnya.

Dipamerkan kepada Walikota Salatiga, Afsar dan tim dari SMP Muhammadiyah Plus Salatiga mendapatkan apresiasi dari orang nomor satu di Kota Salatiga tersebut. Ia menyampaikan rasa bangga bahwa di masa pandemi saat ini masih ada kabar yang menggembirakan dengan karya yang dibuat oleh siswa SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga.

“Saya selaku Walikota Salatiga merasa bangga, ada siswa dan sekolah yang visioner dengan membuat pesawat terbang mainan. Semoga mas Afsar dapat lebih semangat lagi dalam menciptakan karya karya berikutnya. Kepada pihak sekolah terus berinovasi untuk menjadi Sekolah yang maju di Kota Salatiga, Jawa Tengah maupun Nasional. Selamat atas karya yang dihasilkan, semoga dapat menjadi pemicu sekolah sekolah yang lain,” ungkapnya.

Kepala SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Sutomo menyampaikan bahwa sekolah akan mendukung seluruh kegiatan positif anak-anak dalam berkarya, berinovasi, dan berfastabiqul khairat. Karena SMP Muhammadiyah Plus Salatiga berkomitmen mencetak Generasi Tangguh Berkemajuan, Pemimpin Masa Depan serta seimbang Imtaq dan Iptek. Sebagaimana Slogan senatiasa melekat Generasi Unggul, Cerdas, Qur’ani. (*)