Kenalkan Alam, Siswa Sekolah Teladan Lakukan Outbound

0
714

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Dalam rangka mengenalkan secara langsung kepada siswa terkait alam sekitar yang dikemas melalui pembelajaran di luar kelas, Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri Purworejo menyelenggarakan OutBound berkolaborasi dengan mahasiswa Jurusan Manajemen semester 6 Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada Amal Usaha Muhammadiyah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 1 dan 2 beserta bapak ibu guru pembimbing dan mahasiswa sejumlah 61 orang dengan mengambil lokasi di Komplek Dewi Mass Dusun Semawung, Cangkrep Purworejo dan mengangkat tajuk “Outboundku, Ceriaku”.

Kegiatan  ini dimulai dengan rangkaian permainan menarik, motivasi, fokus, konsentrasi dan kebersamaan diantara siswa, guru, karyawan dan mahasiswa yang diampu dari tim instruktur outbound yang ada. Dari permainan ke permainan selanjutnya terengar riuh meriah keceriaan siswa-siswi yang beberapa kali harus mendapatkan apresiasi dengan tempelan kecil stiker di muka anak-anak yang tidak fokus dengan instruksi yang diberikan. Terlebih lagi beberapa bapak ibu guru turut serta melakukan kekeliruan fokus serta turut mendapatkan apresiasi yang sama dari tim outbound, semakin menambah keceriaan suasana game permainan yang diberikan.

“Permainan yang diberikan ini sebagai salah satu pembiasaan untuk memfokuskan diri dengan memaksimalkan penggunaan otak kanan dan otak kiri yang mana kadang beberapa dari kita hanya menggunakan salah satunya dalam beraktivitas dan berkarya sehari-hari. Setelah game permainan di ruangan ini selesai seluruh peserta akan diajak melakukan beberapa permainan di luar dan di akhir akan dilakukan diberi kesempatan mengapung berpelampung ban bekas di saluran sungai bogowonto” ujar salah satu koordinator tim outbound.

Beberapa permainan lapangan yang diikuti setiap siswa seperti kompetisi tim mengambil bola, membawa “bom” botol dengan tali pengekangnya, melingkar mengoper bola, permainan bakiak, bertanam padi, menangkap ikan, merangkak melalui lubang ban dan jaring bawah air, jembatan berpasangan dan mengapung di atas air.

“Sangat bahagia kami dari mahasiswa manajemen bisa berkegiatan bersama keluarga SD Muhammadiyah Kemiri. Semoga agendanya bermanfaat, dapat memberikan semangat belajar siswa dan memberikan kebaikan untuk lembaga pendidikan ini ke depannya” ujar Isnanudin Koordinator Tim Mahasiswa Manejemen sem.6.

Di akhir sesi rangkaian dilakukan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada siswa-siswi yang mendapatkan penghargaan bagi siswa-siswi yang telah menyelesaikan bacaan iqra` kelasnya dan juara kelas untuk ujian tengah semester serta kenang-kenangan untuk sekolah diwakili oleh Kepala Sekolah.

“Agenda kali ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran di luar kelas mengaplikasikan metode pembelajaran konstekstual mengenal alam sekitar yang sehingga siswa bersentuhan langsung dengan tanah, air dan lumpur akan memberikan hal positif ke depan bagi siswa-siswi. Semoga dapat memberikan inspirasi pada seluruh yang ikut dan me-refresh bagi pendidiknya serta turut serta mempromosikan lembaga pendidikan ini kepada masyarakat luas dengan segala aktivitasnya” pungkas Widi Hastomo, S.E. Kepala Sekolah. (*)